Headline News

Polri Berikan Pengamanan Khusus pada Sidang Pemilu di MK

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo, mengungkapkan bahwa Polri telah mengambil langkah-langkah khusus untuk memberikan pengamanan pada sidang terkait pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk memastikan kelancaran dan keamanan jalannya sidang tersebut.

Dalam upaya pengamanan tersebut, Polri telah mengerahkan 377 personel untuk mengamankan gedung MK. Kerjasama juga terjalin antara Polri dengan petugas yang bertugas di kantor MK untuk memastikan kelancaran dan ketertiban sidang.

“Polri mengerahkan 377 personel untuk mengamankan gedung MK, Polri juga bekerjasama dengan petugas yang berada di kantor MK tersebut,” ungkap Trunoyudo kepada wartawan pada Selasa (26/03/2024).

Trunoyudo menegaskan bahwa langkah pengamanan ini sangat penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama proses hukum berlangsung. Hal tersebut dilakukan demi memastikan integritas dan keadilan dalam penyelesaian perkara pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Selain itu, Trunoyudo juga menyebutkan bahwa Polri telah melakukan koordinasi yang intensif dengan pihak terkait, termasuk tim pengamanan internal Mahkamah Konstitusi, untuk memastikan keamanan selama sidang berlangsung.

Kehadiran personel Polri dalam jumlah yang cukup besar bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan atau ketegangan yang mungkin timbul selama proses sidang. Ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mendukung kelancaran proses hukum dan menjaga stabilitas keamanan di sekitar lokasi sidang.

Polri berharap sidang terkait pemilu di Mahkamah Konstitusi dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang mengganggu proses penyelesaian perkara. Langkah-langkah pengamanan ini menjadi bukti nyata dari komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan keadilan dalam proses hukum di Indonesia.

Sidang Sengketa Pemilu 2024 Dimulai

Berdasarkan Peraturan MK Nomor 1 Tahun 2024, siding sengketa Pemilu 2024  akan dimulai hari ini di MK, Rabu, 27 Maret 2024. Agenda sidang perdana sengketa Pilpres hari ini adalah pemeriksaan pendahuluan. Dikutip dari laman resmi Mahkamah Konstitusi, agenda ini adalah memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti Pemohon.

Selanjutnya sidang akan dilanjutkan pada Kamis, 28 Maret dengan agenda penyerahan Jawaban dan  penyerahan jawaban  termohon, keterangan pihak terkait serta pemberi keterangan terkait, dan pemberi keterangan.

Berikut ini tahapan dan jadwal sidang sengketa Pilpres PHPU Pilpres 2024:

Pemeriksaan Pendahuluan: 27 Maret 2024

Penyerahan Jawaban dan Keterangan Pihak Terkait: 28 Maret 2024

Pemeriksaan Persidangan: 1-18 April 2024

Pengucapan Putusan/Ketetapan: 22-Apr-24

Penyampaian Salinan Putusan/Ketetapan: 22-Apr-24

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button