InvestmentTechTechnology

Presiden Jokowi dan Elon Musk Bahas Transformasi Digital dan Investasi di Indonesia

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Senin (20/05/2024).

Pertemuan tersebut membahas percepatan transformasi digital di Indonesia dan potensi pengembangan investasi oleh perusahaan-perusahaan yang dipimpin Musk.

Presiden Jokowi mengapresiasi partisipasi Elon Musk sebagai pembicara dalam forum tersebut dan menyoroti pentingnya pengelolaan air. Jokowi juga mengundang Musk untuk meningkatkan investasinya di Indonesia, termasuk dalam bidang-bidang yang digeluti oleh SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring Company.

“Pak Musk, Indonesia sedang mempercepat transformasi digital nasional dan membuka banyak peluang investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Kami sangat menghargai dan mendukung pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Mengenai kerja sama yang sudah terjalin dengan Starlink, Presiden Jokowi berharap proyek tersebut dapat bersinergi dengan penyedia internet lokal di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau, melindungi konsumen, dan menawarkan harga yang lebih murah untuk layanan publik, termasuk di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan sekolah-sekolah terpencil di seluruh Indonesia.

Elon Musk menyatakan kebanggaannya bisa berpartisipasi dalam forum tersebut dan merasa senang berada di Bali. “Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” kata Musk.

Kunjungan Musk menunjukkan minat yang besar dari investor global terhadap ekonomi digital Indonesia dan potensi kerja sama di masa depan untuk memperkuat infrastruktur digital di seluruh Nusantara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button