Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara

0

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Indonesia yang terletak di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang Barat, Provinsi Jawa Barat, Rabu (03/07/2024). Acara ini menandai babak baru dalam komitmen Indonesia untuk menjadi pemain global dalam ekosistem kendaraan listrik (EV) dan produksi baterai.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan keyakinannya bahwa peresmian pabrik ini akan menjadi tonggak penting bagi Indonesia untuk memasuki rantai pasok global kendaraan listrik. “Yang paling penting, kita harus benar-benar bisa masuk sebagai pemain global dalam supply chain kendaraan listrik. Ini adalah langkah awal dan merupakan pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia memiliki semua bahan material yang dibutuhkan untuk bersaing dalam industri kendaraan listrik. “Saya yakin bahwa kompetisi kita dengan negara-negara lain akan bisa kita menangkan, karena tambangnya ada di sini, nikelnya ada di sini, bauksitnya ada di sini, tembaganya ada di sini. Kita punya smelter, cathode dan prekursor, kemudian EV battery, dan pabrik mobil yang semuanya terintegrasi dalam ekosistem mobil listrik,” tegasnya.

Jokowi juga mengapresiasi kerjasama antara Hyundai dan LG dalam membangun ekosistem baterai listrik yang komprehensif. “Investasi sebesar Rp160 triliun yang akan diselesaikan secara bertahap ini menunjukkan semakin baiknya hubungan antara Republik Korea dan Indonesia,” katanya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting lainnya, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Minister of Trade, Industry, and Energy dari Republik Korea Jeong In-kyo, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok, Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung, dan Executive President LG Energy Solution Kim Dong Myung.

Dengan peresmian ini, Indonesia semakin memperkuat posisinya dalam industri kendaraan listrik global, memanfaatkan kekayaan sumber daya alam dan hubungan bilateral yang kuat dengan Korea Selatan untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan di sektor transportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *