DestinationTourism

Pulau Adonara, Kerajaan dengan keindahan alam sejak 1650

Adonara

Adonara merupakan satu di antara dua pulau utama pada kepulauan di wilayah Kabupaten Flores Timur. Adonara dahulu merupakan sebuah kerajaan yang didirikan pada tahun 1650. Keindahan pantai ternyata tak hanya dimiliki Bali atau Pulau Dewata. Di Nusa Tenggara Timur, terdapat banyak lokasi yang menyimpan sejuta pesona. Pantai Neren Watotena terbilang masih perawan karena terletak cukup jauh dari Kota Kupang. Pesona laut biru yang menggoda ditambah formasi batu unik menjadikan pantai ini begitu eksotis.

Anda akan dimanjakan dengan pasir putih yang membentang hingga tujuh kilometer. Sungguh ciptaan Tuhan yang rugi bila tidak dinikmati. Namun sayang, Neren Watotena sulit dijangkau dari pusat kota. Watotena dalam artian bahasa berarti batukapal, pantai ini berada di garis pantai Adonara Timur, dengan pasir putihnya pantai ini dipenuhi batu-batu karang besar seperti kapal. Saat ini pantai ini di kelola oleh orang muda katolik waiwerang.

Pantai watotena terletak dibawah gunung boleng yang menjulang tinggi sekitar 1.700m di atas permukaan laut. Cuaca yang cukup ekstrim di NTT juga sangat berpengaruh pada tinggi dan besarnya gelombang di pantai ini. Pulau Adonara adalah pulau kecil yang terdapat di ujung timur Indonesia,tepatnya di provinsi NTT(Nusa Tenggara Timur) kabupaten Flores Timur. Pulau Adonara juga merupakan salah satu pulau yang mempunyai wisata alam terindah di Indonesia, tetapi sejauh ini belum banyak yang mengetahui betapa indahnya pemandangan yang ada di pulau Adonara yang tidak kalah indahnya dengan pemandangan di pulau-pulau lain di indonesia. Masih banyak gambar keindahan alam lain di pulau Adonara yang belum sempat di ambil. Yang dibawah merupakan beberapa gambar pemandangan wisata alam di pulau Adonara. Pantai Watotena merupakan salah satu keindahan pantai yang terdapat di Pulau adonara tepatnya di kecamatan Ile Boleng.

Pantai ini dibuka setiap hari minggu dan hari-hari libur yang lain. Biaya buat masuk ke wilayah pantai pun sangat murah,untuk kendaraan roda dua cuma membayar Rp 2500,00 sedangkan untuk kendaraan roda 4 tergantung dari kapasitas penumpangnya, harganya mulai dari Rp 5000,00 sampai Rp 10000,00 . Keamana untuk kendaraan yang parkir di pantai tersebut pun terjamin. Kebersihan pantai Watotena juga sangat terjaga sehingga pengunjung yang menikmati keindahan pantainya pun sangat nyaman.

Banyak pengunjung menghabiskan waktu liburnya dengan menikmati keindahan pantai Watotena, pengunjung dari luar juga sudah ada yang mengetahui atau menikmati keindahan pantai Watotena tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui kalau di pulau Adonara juga tidak kalah menariknya dengan pulau-pulau yang lain di Indonesia. Untuk dapat menuju ke Adonara, kita harus terlebih dulu transit di Kupang ataupun Maumere. Jika waktu menjadi salah satu pertimbangan, Anda dapat langsung melakukan perjalanan menggunakan penerbangan pesawat Transnusa ataupun Susi Air yang terbang langsung dari Kupang ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur.

Namun, bila waktu Anda lebih longgar dan ingin menikmati pemandangan alam Flores yang terkenal sebagai Pulau Bunga, bisa menaiki pesawat ke Maumere. Perjalanan Maumere-Larantuka memakan waktu sekitar 4 jam. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan keindahan alam khas Si Pulau Bunga. Di mana jalan yang berliku berpadu dengan hamparan bukit hijau kekuningan. Dari Larantuka, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal motor ke Waiwerang yang menjadi kota terbesar di Adonara. Wisata alam yang ditawarkan di Adonara cukup beragam, mulai dari gunung sampai pantai ada. Pulau Adonara, mempunyai banyak pantai dan bahkan belum diberi nama yang jelas dan belum diurus layaknya tempat wisata.

Karena pulau yang tidak terlalu luas, kita dapat menikmati banyak pantai dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, tidak disarankan untuk snorkeling ataupun diving di sini. Larangan ini ada karena lokasi lepas pantai yang ada di antara Pulau Flores dan Lembata, sering terdapat pusaran arus dan arus bawah yang deras. Wajah penduduk Pulau Adonara terkadang terlihat keras. Tapi ternyata, di balik garis wajah yang keras, tersembunyi senyum ramah khas masyarakat Indonesia Timur. Pantai-pantai di Pulau Adonara bisa anda nikmati sepuasnya dalam waktu singkat karena pulaunya tidak terlalu luas. Akan tetapi, anda tidak disarankan melakukan kegiatan diving atau snorkeling disini. Larangan ini karena adanya pusaran arus dan arus bawah yang deras di lepas pantai antara Pulau Flores dan Lembata. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button