DestinationTourism

Pulau wetar, dengan keindahan yang Cetar Membahana

Pulau Wetar

Indonesia terdiri dari banyak pulau. Pulau-pulaunya beberapa ada yang belum tersentuh, tetapi memiliki pesona keindahan yang cantik dan mampu membuat decak kagum siapapun yang mengunjunginya. Salah satunya adalah Pulau Wetar. Mungkin anda baru mendengarnya, tetapi pulau ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Pulau Wetar bisa dikatakan pulau terluar di Indonesia dan tak tersentuh. Ada di Kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku Barat, Provinsi Maluku, membuat pulau ini eksotis dan tidak kalah dengan pulau-pulau kecil lain di Indonesia yang telah terlebih dahulu disinggahi para wisatawan. Tepatnya terletak di perairan Laut Banda. Pulau ini selain pulau terluar juga merupakan batas dengan Negara Timor Leste lho, anda. Di Pulau Wetar ini terdapat hutan mangrove. Tepatnya di wilayah pesisirnya. Sebanyak 15 jenis mangrove ditemukan dan bisa anda nikmati dengan berjalan-jalan. Selain itu, ditemukan pula berbagai flora dan fauna laut dalam ekosistemnya yang tak kalah cantik dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Di Pulau Wetar ini, anda dapat menyaksikkan kearifan lokal masyarakat di sana secara langsung. Beramah tamah, mengikuti tradisi, dan menikmati budaya mereka rasanya akan menyisakan pengalaman mengesankan tersendiri bagi anda semua. Merupakan pulau yang letaknya cukup terluar berada di laut banda termasuk wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya yang berbatasan langsung dengan Timor leste. Pencapaian ke pulau Wetar membutuhkan waktu lama dimulai dari Kupang, NTT menuju Atambua melalui darat sekitar 8 jam atau dengan transportasi udara sekitar 1 jam. Sampai di Atambua perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut menuju pelabuhan lerokis – Pulau Wetar, menempuh waktu hampir 18 jam.

Meski menempuh perjalanan yang sangat panjang, hal itu akan terbalas dengan keindahan laut pulau wetar yang mempesona dan masih asli ekosistem alamnya. setiap tahun Pulau Wetar telah banyak dikunjungi wisatawan yang kebanyakan berasal dari luar Indonesia seperti Australia, AS ,Russia, Israel sebagai salah satu pilihan tempat ‘‘‘wisata pulau’ tropis’’ di Indonesia. Pulau Wetar yang terletak di Laut Banda merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meskipun letaknya cukup terluar, namun bukan berarti kecantikannya pun tidak terdeteksi.

Pulau Wetar merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selain kaya akan hasil tambang yang melimpah seperti emas dan tembaga, pulau ini memiliki banyak pantai cantik nan eksotis. Untuk Vegetasi yang ada di pulai wetar adalah tumbuhan mangrove yang dapat ditemui di pesisir Pulau Wetar sebanyak 15 spesies yang tergolong dalam 15 genera dan 12 famili. Potensi wisata yang ada dipulai ini meliputi 18 objek wisata, dan beberapa objek wisata yang terkenala adalah Pantai Eden, Sungai Telate Ay, Wisata Pantai, Pulau Redong, Sungai Saray, Danau Tihu, dan Sungai Sakhir.

Panorama alam Pulau Wentar juga memiliki potensi ekowisata yang dapat di andalkan, terutama di 9 (sembilan) desa. Pulau Wetar juga menyimpan potensi kima sebagai sumberdaya pesisir dan laut yang dilindungi, sehingga konservasi terhadap spesies kima yang terdapat di pulau ini pun menjadi penting. Arah barat diakses dari Kota Kupang melalui transportasi laut atau dari Kota Kupang ke Kisar melalui jalur udara, dilanjutkan dengan jalur laut dari Kisar ke Pulau Wetar.

Arah utara dapat diakses dari Kota Ambon ke Kisar dengan transportasi udara dan ke Pulau Wetar dengan transportasi laut. Arah timur diakses melalui Saumlaki dan pulau-pulau kecil yang terdistribusi di antara Pulau Tanimbar dan Pulau Wetar (termasuk Pulau Kisar). Transportasi udara yang tersedia yaitu menggunakan penerbangan reguler PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dengan tipe pesawat CN 250 dari Kota Ambon dan CN 212 dari Kota Kupang (Provinsi NTT). Transportasi udara dari Kota Ambon berlangsung 2 (dua) kali seminggu sedangkan penerbangan perintis dari Kota Kupang berlangsung 1 (satu) kali seminggu. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button