DestinationTourism

Pulau Dodola, Pulau dengan pasir putih halus yang membentang

pulau Dodola

Selama ini mungkin kita banyak mengagumi keindahan dari negeri tetangga atau yang lainnya, mungkin ada beberapa dari kita yang mempunyai impian untuk sampai ke tempat tersebut. Namun hal tersebut akan terhalang dengan adanya permasalahan seperti visa atau keungan yang tidak mencukupi belum lagi dengan urusan waktu yang lama dihabiskan dalam perjalanan. Hal ini lah yang terkadang membuat anda mengurungkan niat anda, tapi jangan berkecil hati karena di Maluku utara menyimpan keindahan alam yang dapat mengalahkan keindahan alam di luar negeri. Pulau Morotai provinsi Maluku Utara anda bisa menikmati sepenggal keindahan seperti yang tersaji di Maladewa.

Tepatnya di pulau Dodola yang berjarak 30 menit menaiki speed boat. Pulau dengan pasir putih halus yang membentang sangat panjang akan memanjakan anda saat berkunjung kesini. Untuk menuju ke pulau Dodola dari kota Ternate ada tiga rute dan alternatif transportasi yang dapat digunakan. Pertama dengan pesawat cessna dengan keberangkatan Ternate-Morotai setiap hari senin, selasa, dan rabu begitu pula sebaliknya dari Morotai dengan tarif 280k yang lama perjalanan 45 menit.

Kemudian dilanjutkan dengan menyewa speed boat dari kota Daruba Morotai menuju pulau Dodola. Kedua yaitu dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Ahmad yani Ternate dengan keberangkatan setiap hari jumat malam dan rabu malam dengan tarif 150k dengan lama perjalanan 8-9 jam. Dan juga dilanjutkan dengan menyewa speed boat menuju pulau dodola. Ketiga yaitu dengan cara naik kapal ferry (30k) atau kapal cepat (50k) dari kota Ternate menuju Sofifi di pulau Halmahera selama 2 jam lalu dilanjutkan dengan travel (100k) menuju kota Tobelo dengan waktu 3-4 jam, kemudian dilanjutkan dengan speedboat atau kapal cepat (150k) selama 2 jam menuju Morotai. Tapi rute ini cukup menguras tenag, waktu dan uang. Tarif penyewaan speed boat dari morotai menuju Dodola biasanya berkisar 500k-1jt rupiah tergantung besar dan tujuan lain yang akan dituju, alternatif lain bisa menggunakan perahu kecil dengan mesin atau katinting dengan tarif 300-500k Rupiah.

Sesampainya di Dodola anda akan melihat dua gugusan pulau yang disambungkan oleh hamparan pasir putih nan lembut, halus sehalus bubuk susu. Apabila terjadi air pasang maka akan terpisah menjadi dua pulau yaitu Dodola kecil dan dodola besar. begitupun sebaliknya, jika terjadi air surut maka akan menyambung menjadi satu daratan indah pulau Dodola. Pulau dodola yang tak berpenghuni ini menjadi tujuan wisata favorit akhir pekan bagi wisatawan lokal yang tinggal di seputaran halmahera utara, baik dari Morotai sendiri ataupun dari kota Tobelo. Di Dodola terdapat beberapa cottages yang disewakan oleh pemerintah daerah Morotai, tarifnya yaitu 300k per cottage. Kita dapat menyewanya dengan menghubungi kantor parisiwata di kota Daruba Morotai. Tapi perlu diketahui yaitu tidak terdapat jaringan listrik disini, tetapi signal telepon seluler masih tersedia. Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, akan menyiapkan sejumlah fasilitas untuk wisata di wilayah itu. Salah satunya dengan menyiapkan kapal cepat tujuan dari Kota Daruba ke obyek wisata Pulau Dodola.

Pulau Dodola adalah salah satu ikon wisata yang ada di Pulau Morotai. Saat ini di pulau tersebut telah tersedia fasilitas berupa penginapan yang bisa digunakan para tamu atau wisatawan. Selain itu, kata Rusli, untuk fasilitas pendukung juga disediakan jetski yang bisa disewa bila ingin berwisata ke Pulau Dodola. Di pulau itu terdapat dua unit jetski milik Pemkab Pulau Morotai yang disewakan kepada wisatawan maupun warga yang mau berekreasi dan bermain ke Pulau Dodola. Pulau Dodola terbagi menjadi dua. Namanya masing-masing adalah Dodola Besar dan Dodola Kecil. Dodola Besar di tandai dengan dermaga kayu yang menjorok ke laut. Keduanya terpisah kala permukaan air laut sedang pasang. Jembatan pasir yang menghubungkannya bisa diseberangi kala matahari tepat berada di atas kepala hingga menjelang petang. Hanya butuh 5 menit untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lainnya. Masih ingin ke luar negeri ? toh di negera sendiri saja masih banyak keindahan alam yang cantik dan mampu membuat anda terperangah kok. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button