DestinationEco TourismHeadline NewsTourism

Pulau Nikoi Private Island Terbaik 2016

Destinasi pariwisata di Indonesia semakin diakui oleh dunia keindahan dan kualitasnya. Yang teranyar, Pulau Nikoi di Bintan menjadi juara pertama The Best Private Island 2016. Menpar Arief Yahya pun menyambut gembira kabar baik ini.

“Selamat dan sukses! Mengelola private island dengan sustainable development dan eco-tourism,” kata Arief Yahya dalam laman Facebook resmi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Rabu (13/7).

Pulau Nikoi yang berada 8 km lepas laut Bintan dinobatkan sebagai The Best Private Island 2016 oleh majalah wisata dunia Conde Nast Traveller. Pulau Nikoi menambah daftar prestasi destinasi wisata Indonesia dalam persaingan dunia.

“Semakin banyak mengumpulkan prestasi dunia itu akan terus menaikkan reputasi Indonesia. Sekaligus mendongkrak brand value Wonderful Indonesia,” kata Arief.

Pulau Nikoi hanya berjarak 85 kilometer sebelah tenggara Singapura. Pulau ini disewa oleh Andrew dan Julia Dixon, pasangan dari Australia sejak 2005. Mereka membuka resor sejak 2007 dan kini sudah ada 48 vila rumah panggung beratap rumbia di sana. Nikoi juga pernah menjadi runner-up di Wild Asia’s 2009 Responsible Tourism Awards, untuk kategori operator akomodasi kecil dan menengah.

Waiting list untuk reservasi rata-rata mencapai tiga bulan. Pulau ini bukan saja menjadi destinasi wisatawan domestik atau Asia saja, tetapi keindahan Nikoi sudah terdengar hingga penjuru Eropa,” terang Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kepulauan Riau, Andika Lim.

Kualitas Pulau Nikoi tidak lagi diragukan, Conde Nast Traveller pun tak ragu menyebut Pulau Nikoi berada di urutan teratas pulau private dinilai dari kenyamanan, fasilitas, panorama, hingga harga yang lebih murah sampai separuh harga dari saingannya di Filipina. Yang membuat Conde Nast Traveller takjub, konsumsi energi di Pulau Nikoi sangat irit. Semuanya ramah lingkungan tanpa TV dan AC di dalam kamar.

“Wisata pulau ini dibuat dengan konsep alami, back to nature. Benar-benar alami. Meski konsep alam dan sederhana, tapi fasilitas dalam vila dibuat sangat modern. Menu yang disediakan dan pelayanannya berkelas dunia,” tulis Conde Nast Traveller.

Berikut 10 besar The Best Private Island 2016 versi Conde Nast Traveller:

1. Pulau Nikoi, Indonesia
2. Amanpulo, Filipina
3. Turtle Island, Fiji
4. Pulau Danau Malaren, Swedia
5. Pulau Ariara, Filipina
6. Pulau Necker, Virgin Islands
7. Pulau Velaa, Maladewa
8. North Island, Selandia Baru
9. Ile des Deux Cocos, Mauritius
10. Parrot Cay, Karibia

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pengembang yang sudah mengelola dengan baik. Tahun lalu, Pulau Nikoi juga berhasil menyambar gelar runner up dari National Geographic untuk kategori lingkungan. Saya yakin penilaian ini akan membuat Bintan makin dikenal dunia,” terang Kadispar Bintan, Luki Zaiman Prawira.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button