DestinationTourism

Pulau Peucang, Keterasingan Bersama Kearifan Alam

pulau peucang

Apabila Anda benar-benar mencintai keindahan alam maka harus menyambangi Pulau Peucang. Di sini telah menanti keindahan pasir putih dan terumbu karangnya, air lautnya yang biru jernih sempurna untuk berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling. Pulau ini juga ideal untuk pengamatan beragam satwa terutama rusa. UNESCO menganugerahi pulau ini sebagai salah satu dari situs alam warisan dunia karena memiliki keberagaman flora dan faunanya. Belum lagi pemandangan alamnya yang sangat indah sanggup menambatkan memori dalam hati untuk mengajak Anda datang kembali. Pulau Peucang berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, lokasinya di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan ke pulai ini memang cukup jauh, Anda harus menggunakan mobil lebih dari 8 jam dari Jakarta lalu menyeberang sekitar 1 jam untuk sampainya di sini. Anda perlu mengenakan jaket selama berperahu untuk menahan kuatnya angin laut. Lamanya perjalanan akan terbayar habis dengan hadiah pemandangan menakjubkan.

Nama peucang sendiri ada yang menyebut berasal nama siput yang bisa Anda lihat jika menginjakan kaki di pantai ini. Penduduk setempat berkeyakinan lain dimana menurut mereka nama peucang itu adalah nama jenis menjangan yaitu spesies seperti rusa yang tinggal di kawasan ini. Pulau Peucang merupakan base camp dan tempat pendaftaran wisatawan yang akan menjelajahi Taman Nasional Ujung Kulon. Di Pulau kecil ini dapat Anda temukan beberapa tipe akomodasi untuk beristirahat. Pulau Peucang selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara dimana letaknya tidak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon sehingga mempermudah akses wisatawan yang akan berkunjung atau istirahat. Selain tersedia penginapan dan restaurant ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau yang indah ini.

Untuk masuk kawasan wisata ini Anda perlu membayar Rp2.500.000,00 per orang. Tempat wisata yang patut disambangi adalah Karang Copong dimana ada pemandangan Matahari terbit yang sangat menawan. Pulau Peucang memiliki pemandangan yang indah dari pantai pasir putih terbentang panjang dan air laut yang biru memesona. Pulau Peucang adalah pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena di pulau ini terdapat fasilitas akomodasi yang memadai. Pulau Peucang letaknya berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Semenanjung Ujung Kulon. Karenanya jika memungkinkan tinggallah beberapa hari di Pulau Peucang. Di sinilah Anda akan melihat hutan primer dengan pohon-pohon besar berkanopi lebar. Amatilah betapa proses suksesi alam telah berlangsung dengan mengagumkan di sini. Di sini Anda seakan berada di laboratorium hidup untuk belajar tentang suksesi alam, proses survival alam yang telah terjadi selama lebih dari 120 tahun.

Dari laut di Pulau Peucang akan terlihat pepohonan hijau, sementara di seberangnya nampak Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini ada lutung (Trachypithecus auratus auratus) sebagai penghuni tetap pulau. Gerakan hewan ini lincah berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain. Ada juga merak hijau, rusa, kijang, babi hutan, dan biawak. Anda dapat melakukan penjelajahan di Pulau ini dengan menggunakan rute perjalanan bernama Rute Karangcopong selama 2 jam. Berbekallah air minum yang cukup dan kenakan pakaian yang tepat juga alas kaki tertutup. Anda nanti akan melihat pohon ara yang besar ukurannya.

Butuh lebih dari 20 orang untuk mengukur kelilingnya dengan bergandengan dan membentangkan tangan. Pohon ini sejenis pohon yang tumbuh merambat dan melilit pohon yang menjadi indungnya. Anda harus melihat cermat untuk mengetahui pohon induknya yang sudah tertutup. Dalam penjelajahan pulau ini Anda juga akan melihat beragam serangga, burung, dan rusa yang telah membantu penyebaran biji-bijian tanaman di seluruh pulau. Di Karang Copong yang merupakan salah satu titik tinggi di Pulau Peucang maka dapat Anda lihat Pulau Panaitan dari kejauhan. Di sebelah kiri bawah terlihat formasi karang berlubang yang mungkin menyebabkan tempat ini disebut Karang Copong. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button