Eco TourismTourism

Pulau Ubur-ubur di Kalimantan Timur

selamat datang

Bagi anda yang menyukai olahraga bawah air pulau Kakaban mungkin bisa menjadi salah satu referensi bagi anda. Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur memilki luas pulau 774,2 hektar dan termasuk pulau yang tidak berpenghuni. Untuk mencapai Pulau Kakaban, Anda dapat menggunakan speedboat berkapasitas 15 orang dari Derawan, Maratua, atau Sangalaki. Perkiraan waktu untuk ke sana kira-kira 45 menit dari Derawan, 30 menit dari Maratua, dan 20 menit dari Sangalaki. Dalam bahasa Suku Bajo, kakaban memiliki arti “memeluk”.

13572950481995603148

Penamaan ini berkaitan dengan bentuk fisik Pulau Kakaban dimana atol di bagian utara ‘memeluk’ laguna dan terpisah dari air laut sekitarnya. Danau di tengah laut ini begitu indah berwarna biru kehijauan jernih. Di sekeliling danau tersebut tumbuh rimbun pohon-pohon bakau. Pulau Kakaban menjadi salah satu tempat wisata yang dicari turis-turis mancanegara karena unik dan salah satunya adalah Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia. Air di Danau Kakaban merupakan perpaduan dari tiga jenis air yang berbeda yaitu air laut, air hujan dan juga air tanah.

pulau-kakaban

Danau Kakaban memilki 4 jenis ubur-ubur yang tidak menyengat seperti ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) (berukuran 5-50 cm), ubur ubur totol (Mastigias papua) (berukuran 1-20 cm), ubur-ubur kotak seukuran ujung jari telunjuk, Tripedalia cystophora (berukuran7-10 mm), dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata (berukuran 15-20 cm). Selain ubur-ubur, ada juga beberapa spesies ikan yang menghuni danau dengan kedalaman kurang lebih 11 meter ini. Empat spesies yang paling utama adalah serinding (Apogon lateralis), puntang (Exyrias puntang), coral fry (Antherinomorus endrachtensis) dan ikan jarum (Zenarchopterus dispar).

 kakaban

Beberapa bagian daratan karang masih tertutup air laut yang dangkal sekitar 30 cm. Pada genangan air itu segerombolan ikan kecil seukuran teri berwarna hijau cerah mengelilingi karang. Di kaki tebing terdapat tangga kayu yang menanjak kemudian menurun berjarak 120 meter, menuntun anda ke tepi danau di balik bukit. Tangga ini terbuat dari kayu meranti dan di kiri kanan tangga tampak rerimbunan pohon bakau (Rhizophora) diselingi genera pohon tropis lain yang menjulang tinggi membentuk hutan mangrove, seperti tanjang (Bruguiera), apiapi (Avicennia), dan pidada (Sonneratia). Nah cukup menarik bukan salah satu pula yang berada di Kalimantan Timur ini, jika Anda merencanakan menginap jangan takut dan jangan bimbang karena telah tersedia akomodasi di Kepulauan Derawan yang mempunyai banyak penginapan dengan tarif mulai dari Rp. 100.000 per malam. Menarik bukan ?.

img_0390

Anda tidak akan menyesal karena telah datang ke pulau yang ada di Kaltim ini karena sudah banyak baik wisatawan maupun peneliti luar negeri yang datang kesini dan mengagumi keindahan alam dan keanekaragaman yang ada di pulau ini. Kenapa anda tidak segera saja datang kesini danmembawa perlanegkapan menyelam anda dan anda bisa saksikan sendiri keindahan alam yang terdapat di Indonesia. Have fun ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button