Eco TourismTourism

Puncak Peringatan Hari Nusantara Akan Digelar di Aceh

Copyright: Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia
Copyright: Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia

Peringatan Hari Nusantara ke-15 resmi diluncurkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan, Cirebon pada 1 Juni 2015 yang lalu. Acara ini merupakan rangkaian awal dari peringatan Hari Nusantara 2015 yang puncaknya akan berlangsung di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Desember mendatang. Hadir dalam peresmian tersebut adalah Menteri ESDM Republik Indonesia, Sudirman Said, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Walikota Cirebon, Nasrudin Azis, Ketua Harian Nusantara, FX Sutiastoto, dan Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Dedi H. Sutisna yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang menjadi Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia.

Tema yang diangkat pada peringatan kali ini adalah ‘Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim, Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa’. Tema tersebut dianggap sesuai dengan cita-cita Indonesia yang ingin menjadi poros maritim dunia, seperti yang dikutip dari website Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia.

Serangkaian acara akan digelar sepanjang Juni hingga Desember mendatang. Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan adalah pameran dan seminar di sembilan perguruan tinggi yang berbasis kemaritiman, seperti Universitas Papua (Manokwari) untuk wilayah Papua, Universitas Nusa Cendana (Kupang) untuk wilayah Nusa Tenggara, Universitas Hasanuddin (Makassar) untuk wilayah Sulawesi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya) untuk wilayah Jawa, Universitas Tanjung Pura (Pontianak) untuk wilayah Kalimantan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjung Pinang), Universitas Andalas (Padang), Universitas Sumatera Utara (Medan) dan Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh).

Kegiatan lainnya adalah seminar internasional, bakti sosial, gerakan bersih pantai, olahraga bahari dan perlombaan, pemberian penghargaan, sailing pass dan parade kapal dari Jakarta yang akan berakhir di Banda Aceh.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button