Headline NewsPageants

Raih Gelar Putri Bumi Indonesia 2021, Eunike Suwandi Akan Suarakan Penanganan Sampah

Rabu, 29 Desember 2021, menjadi hari istimewa bagi Eunike Suwandi, pasalnya di hari itu, gadis cantik kelahiran 12 Agustus 2001 ini, terpilih sebagai Putri Bumi Indonesia 2021 melalui Malam Grand Final Putri Bumi Indonesia 2021 yang diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia secara virtual. Eunike terkejut namanya keluar sebagai peraih gelar tertinggi di salah satu kontes paling bergengsi di Indonesia itu.

Selama mengikuti kontes ini, Eunike hanya memasang target dapat tembus ke 10 besar, namun takdir berkata lain justru nama Eunike keluar sebagai pemenang. Padahal pemilihan Putri Bumi Indonesia menjadi kontes pertama yang diikuti  mahasiswi semester lima di  LSPR Communication and Business Institute itu

Persiapan yang dilakukan Eunike hanya memaksimal potensinya agar dapat menjadi  yang terbaik. Prestasi yang diraihnya ini,  tidak lepas dari dukungan keluarga dan tim yang telah membantu Eunike saat menjalani masa karantina hingga grand final

“Yang pasti keluarga ya, keluarga banyak support ke aku. Lalu  tim aku, sebenarnya aku kolaborasi sih sama orang. Aku cari tim di Instagram, karena platform yang kita gunakan sekarang itu kan instagram, jadi aku cari-cari tim  di Instagram untuk aku ajak kolaborasi, mulai dari fotografer, videographer dan editor itu semuanya dari Instagram,” saat di wawancarai tim liputan EL JOHN News,

“Terima kasih kepada Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Daddy Johnnie yang memberikan kepercayaan bagi saya sebagai Putri Bumi Indonesia 2021. Mahkota ini sebelumnya saya lihat ada di Ka Monica (Miss Earth Indonesia 2020) sekarang sudah ada di kepala aku. Ini menjadi kehormatan yang besar. Aku ga mau ini menjadi beban   justru ini aku kembangkan lagi, aku tidak mau pakai mahkota ini untuk foto cantik di Instagram, tapi mau pakai mahkota ini untuk mewujudkan aksi nyata menyelamatkan bumi,” tambah Eunike.

Mengikuti kontes ini,  menjadi modal bagi Eunike untuk memperdalam ilmu tentang pelestarian lingkungan, apalagi gelar sebagai Putri Bumi Indonesia 2021 sudah resmi dipegang Eunike, karena itu Eunike siap untuk mewujudkan aksi nyata untuk menyelamatkan bumi.

Isu lingkungan  yang menjadi prioritas Eunike adalah sampah. Eunike melihat sampah merupakan persoalan klasik yang sulit untuk diselesaikan, padahal pemerintah sudah banyak mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menyelesaikan masalah sampah.

Menurut Eunike, untuk mengatasi sampah yang perlu dibangun adalah pemahaman masyarakat akan dampak buruk yang ditimbulkan sampah. Karena itu, Eunike akan memanfaatkan media sosial pribadinya seperti Instagram untuk gencar  mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah pada tempatnya.

Menurut Eunike, mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya merupakan aksi awal dan akan terus berlanjut hingga masyarakat menyadari bahwa sampah bukan barang yang main asal buang namun juga harus pilah, karena ada selain berdampak buruk ada sisi positif yang dihasilkan dari sampah.

“Bagaimana caranya kita akan memulai secara pelan-pelan, mulai dari buang sampah di tempatnya dulu, lalu kita tingkatkan lagi tahapannya buang sampahnya di pilah, kita tingkatkan lagi agar kita bisa mengurangi sampah berlanjut ke pengurangan sampah plastic. Jadi pelan-pelan, kalau seperti kita akan bisa karena sudah terbiasa. Jadi kita dibiasain dulu pelan-pelan sehingga nanti hasilnya menjadi maksimal,” ujar Eunike.

Eunike menilai, wadah yang cocok untuk mengkampanye penanganan sampah adalah media sosial (medsos). Wadah ini, dapat menjangkau lebih luas masyarakat, bukan hanya di Indonesia saja namun juga hingga ke dunia. Apalagi saat ini, pengguna media sosial terus meningkat dan menjadikan  medsos sebagai salah satu saluran informasi yang mudah diterima.

“Saya akan bangun kesadaran masyarakat dulu melalui Instagram saya karena di instagram saya paling banyak menyuarakan advokasi saya mengenai lingkungan hidup. Jadi dengan Instagram itu lah saya akan ajak followers dan teman-teman saya untuk dukung program yang saya buat ini, karena program ini bukan buat saya tapi buat bumi, buat kebaikan kita semua. Jadi harapan saya semuanya dapat mengikuti program yang saya buat,” ungkap gadis yang memiliki tinggi 170 cm ini.

Eunike menyadari bahwa program yang disusun tersebut tidak dapat maksimal jika tidak  bersinergi dengan pihak-pihak terkait. Untuk pertama, Eunike akan menjaga kerjasama para komunitas pecinta alam.

“Saya fokusin itu ke komunitas-komunitas kecil dulu. Seperti awal di karantina saya juga fokuskan ke komunitas, karena komunitas kecil seperti pecinta alam itu  banyak, cuma kita kurang aware sama mereka jadi disitulah saya akan ajak mereka kerjasama, saya akan merangkul mereka jadi kita kerjasama, semakin dilihat, semakin banyak orang yang ikutan nantinya akan jadi semakin baik,” tutur Eunike.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button