Headline News

Rizal Ramli Bawa ‘Buah Tangan’ Hasil Kunjungannya Ke Yunani

Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan pulang ke tanah air dari kunjungan kerjanya ke Yunani malam ini, Rabu (8/6). Tidak tanpa hasil lawatan Rizal Ramli Ke Yunani kali ini, beberap ‘buah tangan’ akan dibawanya ke Indonesia demi membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hal itu terungkap dalam makan malam antara Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dengan para pejabat, pengusaha sektor maritim dan ekonomi Yunani.

“Saya merasa sangat senang bisa bertemu dengan bapak-ibu sekalian malam Ini. Yunani dikenal sebagai negara dengan bisnis maritim dan perkapalan yang tangguh. Saya Kira, Indonesia bisa bekerja sama dan belajar dari Yunani. Terima kasih kepada pak Benny, Dubes RI utk Yunani yang telah mengatur pertemuan penting Ini,” ujar Rizal Ramli dalam sambutan seperti dalam keterangan resminya.

Salah satu buah tangan yang dibawa Rizal Ramli ialah mengenai keamanan laut. Hal itu dianggap penting lantaran Indonesia sedang gencar-gencarnya memerangi illlegal fishing.

“Tiap tahun ikan kita dicuri. Kerugiannya sekitar US$20 miliar/tahun. Kita sudah ambil sejumlah langkah untuk menghentikan hal ini,” kata Rizal.

Kedua, kerja sama di sektor pariwisata. Seperti diketahui, pemerintah sedang memompa sektor pariwisata untuk mendulang devisa. Salah satu kebijakan yang ditempuh pemerintah yakni terkait perizinan kapal cruise dan yacht.

Menurut Rizal, kerja sama di sektor pariwisata dengan Yunani sangat penting lantaran negara yang berada di Eropa selatan itu menjadikan pariwisata sebagai sumber utama penerimaan negara.

“Namun tetap masih ada banyak yang bisa dipelajari dari Yunani yang pariwasatanya menjadi salah satu sumber utama penerimaan negara,” tutup Rizal.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button