Samson Switchblade, Mobil Terbang Seharga Rp1,6 Miliar

0

Setelah September lalu, AeroMobil asal Slowakia memperkenalkan mobil terbang di Frankfurt Motor Show 2017. Kini perusahaan asal Oregon, coba peruntungan yang sama dengan ikut memperkenalkan mobil terbang yang disapa Samson Switchblade.

Mobil terbang ini dikatakan akan dibanderol mulai dari Rp 1,6 Miliar ($120.000), alias lebih murah dibandingkan AeroMobil yang dihargai Rp 20 Miliar. Menariknya, mobil terbang Samson Motors ini dikatakan akan resmi diperkenalkan pada 2018.

Berbekal tiga roda yang didukung mesin V4 berkapasitas 1.6 liter dengan tenaga 190 dK dan baling-baling besar dibagian belakangnya, Switchblade diklaim mampu melaju 200 mph di udara dengan ketinggian jelajah 13.000 kaki.

Ketika sedang diudara, berat kendaraannya pun cukup ringan, yakni hanya 794 kg dengan dimensi panjang 6.2 m dan lebar sayap 8.2m. Kabarnya, mobil bersayap tersebut dapat lepas landas sekitar 335m dengan jarak tempuh 450 mil.

Bagaimana kalau dipakai didarat? Samson mengklaim, bila tak sedang dalam mode melayang, sayapnya akan menekuk sehingga dimensi panjangnya hanya menjadi 5.2m. Untuk kecepatannya pun cukup kencang, yakni 160 km/jam (100 mph).

Fakta menariknya lagi, mobil tersebut ternyata 51 persennya adalah homebuilt atau bisa dikategorikan sebagai eksperimental.

Dalam artian, bagi siapapun yang ingin membelinya bisa merakit mobil bersayap itu sendiri. Namun tenang saja, perusahaan sudah menyediakan layanan bantuan untuk merakitnya lewat Samson Build Assist Center.

Tapi tentu tidak gratis, biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk perakitan itu ialah $20.000 atau setara dengan Rp 271 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *