CultureHeadline News

Saya Indonesia, Saya Pancasila Berkumandang di Upacara Hari Lahir Pancasila

Untuk pertama kalinya pemerintah menggelar upacara hari peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Upacara ini dilangsungkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Kamis pagi, 1 Juni 2017. Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Jokowi.

Ada yang berbeda dari upacara ini yakni penampilan Jokowi yang mengenakan pakaian khas Betawi. Tak hanya Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri dan sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara juga ikut mengenakan pakaian adat.

Selain para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Budiono juga hadir pada upacara Hari Lahir Pancasila ini.

Peserta upacara terdiri atas pelajar, organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan, dan anggota TNI Polri.

.Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden Jokowi

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang  dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Dilanjutkan pembacaan Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan bahwa Pancasila merupakan dasar bernegara dan bermasyarakat.

Pancasila 1 Juni merupakan hasil perumusan pendiri negara setelah proses musyawarah yang melibatkan elemen di Nusantara.

Oleh sebab itu, keberagaman merupakan kodrat Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat.

Presiden menutup pidatonya dengan menyerukan sederet kalimat penyemangat pengamalan Pancasila.

“Selamat hari lahir Pancasila, kita semua Indonesia, kita semua Pancasila, semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila, saya Indonesia, saya Pancasila,” ujar Jokowi.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button