EconomicHeadline News

Selain Palangkaraya, Pemerintah Kaji Daerah Lain Untuk Jadi Ibukota

Ternyata Palangkaraya, Kalimantan Tengah bukan satu-satunya daerah yang akan dijadikan Ibukota. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan pemerintah saat ini masih mengkaji daerah lain selain Palangkaraya untuk siap menerima perpindahan Ibukota dari Jakarta.

Menurut Sofyan,  daerah-daerah tersebut sedang dilakukan pemetaan apakan layak menggantikan Jakarta sebagai Ibukota negara

“Masih studi awal mencari alternatif. kita sedang cari alternatif tempat di samping Palangkaraya tempat yang paling suitable yang paling bagus,” ujar Sofyan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa, 4 Juli 2017.

Mantan Menteri BUMN era Presiden SBY ini menambahkan, keputusan pemindahan ibukota adalah keputusan administratif yang akan diputuskan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam rencana sebelumnya, kajian awal ini akan tuntas pada tahun depan.

“Kalau ini kan keputusan administratif presiden memutuskan. Keputusan jangka panjang implikasinya gitu kan. Oleh karena itu, kita sedang cari tempat.”

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan mendorong keterlibatan swasta dalam rencana pemindahan ibu kota negara, khususnya dari sisi pendanaan. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada tahun ini Bappenas akan menyelesaikan kajian terkait rencana pemindahan ibu kota negara tersebut. Ia berharap, dalam dua tahun ke depan, sudah mulai ada kegiatan terkait pemindahan pusat administrasi ibu kota negara.

Hingga saat ini, Bappenas sendiri memang masih mengkaji rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah baru di luar Pulau Jawa. Pemindahan ibu kota negara memang harus dilakukan keluar Pulau Jawa mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai. Kendati demikian, Bambang belum menyebutkan secara spesifik di mana lokasi tujuan pemindahan ibukota negara tersebut.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button