Headline News

Selama Mudik, Diperkirakan Kendaraan Yang Melintasi Tol Merak Naik 6 Persen

PT Marga Mandalasakti, sebagai pengelola Tol Tangerang-Merak mulai melakukan persiapan guna menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017. Saat musim mudik nanti, diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 6,1 persen dari tahun lalu, dengan puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan arus balik mudik H+2.

“Kesiapan dari segi pelayanan transaksi, lalu lintas, informasi, dan ruas jalan,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto, Jumat, 2 Juni 2017.

Menurut Sunarto, guna menghindari penumpukan kendaraan saat puncak mudik maupun arus balik, akan dioperasikan sebanyak 89 unit gardu tol. “Sebanyak 21 merupakan gardu tol otomatis (GTO),” ujar dia.

Pengelola juga memastikan, pada H-10 hingga H+10 Lebaran, jalan Tol Tangerang-Merak bebas dari pekerjaan konstruksi terkait, peningkatan kualitas jalan, dan pelebaran ruas Bitung-Cikupa.

“Kami akan siapkan juga 14 unit mobil derek, empat ambulans, dua mobil rescue, dan satu truk rescue yang disiagakan. Kami juga kerja sama dengan pihak kepolisian terkait patroli keamanan dan ketertiban di sepanjang jalur tol,” ujarnya.

Akan dipasang 45 unit kamera pantau atau CCTV, serta pemasangan 77 lampu peringatan dan penerangan jalan umum (PJU) yang menambah rasa aman bagi pengguna jalan.

“Selain itu, kami antisipasi peningkatan volume seperti apabila ada penumpukan di Merak nantinya. Para pengguna tol diminta untuk beristirahat di KM 43 dan 68 arah Merak atau pengalihan kendaraan ke gerbang tol (GT) Cilegon Barat,” ujarnya.

Selain itu, apabila terjadi antrean di Serang Timur akan dialihkan ke GT Serang Barat dan apabila adanya antrean di Cilegon Timur dialihkan ke Cilegon Barat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button