BusinessEconomicHeadline News

Singapura Berminat Tambah Investasi di Indonesia, Ada Tiga Daerah Yang Dibidik

Pertemuan antara Presiden Joko Widoo dengan Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Teo Chee Hean di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017, benar-benar memiliki manfaat yang besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dari pertemuan itu PM Singapura Teo Chee menyatakan akan menambah investasi di Indonesia. Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir yang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengaakan ada tiga daerah yang bakal di investasi negeri seribus satu larangan tersebut.

“Secara khusus bahwa Deputi PM tadi menyebut bahwa Batam, Bintan dan Karimun adalah target investasi Singapura dan karena itu kita Indonesia akan melakukan langkah untuk memfasilitasi kemudahan di sana,” kata AM Fachir usai pertemuan  di Istana Merdeka.

Fachir menerangkan hingga saat ini sudah ada 30 perusahaan asal Singapura yan beroperasi di beberapa daerah di Indonesia. Dengan pernyataan PM singapura tersebut maka jumlah perusahaan asal Singapura akan bertambah. Bahkan keberadaan perusahaan Singapura di Indonesia telah banyak menyerap tenaga kerja.

“Dilaporkan antara lain bahwa sekarang ini ada 30 perusahaan Singapura yang ada di Semarang bahkan ada 41 yang sedang dalam proses. Sementara ini telah menyerap 1.700 tenaga kerja dan akan disiapkan semacam politeknik di mana nanti mempersiapkan tenaga kerja yang bekerja di sana, terutama jika 41 perusahaan kemudian beroperasi akan menyerap 4.000-an,” lanjut Fachir.

Investasi Singapura di Indonesia, dijelaskan Fachir sebesar 9,2 miliar dolar AS pada tahun 2016. Kemudian dalam pertemuan dengan Jokowi juga dibahas soal digital ekonomi.

“Soal digital ekonomi dilihat sangat potensial, nanti dalam pertemuan ke depan annual leader berikutnya di Singapura itu menjadi salah satu target capaian pertemuan kedua pemimpin, yang ketiga soal infrastuktur, regional development dan Bapak Presiden secara khusus tadi menyebutkan antara lain bahwa model Kendal itu bisa dikembangkan di tempat lain,” papar AM Fachir.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengucapkan selamat ulang tahun kemerdekaan kepada Singapura yang ke-52. Singapura merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965.

“Bapak Presiden menyampaikan selamat atas ulang tahun ke-52 Singapura dan berharap Singapura tetap maju dan lebih erat lagi dengan Indonesia,” tuturnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button