DestinationHeadline NewsTourism

Status Gunung Agung Masih Awas, Buleleng Bali Dive Festival 2017 Dibatalkan

Setelah Festival Nusa Penida ke IV dibatalkan, giliran  Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) 2017 yang ikut dibatalkan. Serupa dengan Festival Nusa Penida, pembatakan BBDF 2017 juga dikarenakan status Gunung Agung yang masih di level IV atau awas. Selain itu, Buleleng kini menjadi tempat yang banyak menampung pengungsi.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng, Nyoman Sutrisna, M.M mengatakan bisa saja festival ini digelar namun yang dikhawatirkan para penyelam internasional akan tidak nyaman melihat banyaknya pengungsi.  BBDF 2017 akan dilangsungkan pada  tanggal 24 hingga 28 Oktober 2017.

Menurut  Sutrisna, mendekatai dimulainya festival, persiapan sudah dilakukan secara matang,  termasuk dana yang akan dikucurkan telah disetujui dalam APBD Buleleng 2017 sebesar Rp 620 juta. Dengan pembatalan ini, Dispar Buleleng telah berkoordinasi dengan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Buleleng agar dana itu dikembalikan ke kas daerah.

Dari total anggaran dana BBDF itu, Dispar memanfaatkan dana tersebut senilai Rp 200 juta. Dana ini dialokasikan membiayai promosi pariwisata Buleleng dan mendukung Pemuteran Dive Festival yang merupakan even rintisan pelaku pariwisata setempat bersama pemerintah Desa Pemuteran. “Kita sudah sampaikan kepada TAPD anggarannya hanya kita pakai Rp 200 juta saja, sisanya sudah dikoordinasikan dengan TAPD. Kami juga sudah menyampaikan ke Kementerian Pariwisata perihal pembatalan ini,” katanya.

Tidak hanya persiapan anggaran, akan tetapi bantuan rumah ikan dan tempat pertumbuhan terumbu karang bantuan dari Duta Besar (Dubes) Indonesia Untuk Singapura Ngurah Swajaya sejauh ini telah selesai dikerjakan. Rencananya, rumah ikan hias dan tempat pembiakan terumbu karang berbentuk Patung Boma itu ditenggelamkan pada saat BBDF digulirkan.

“Setelah kita koordinasikan, nanti rumah ikan ini akan ditenggelamkan pada saat Festival Tejakula bersama dengan kegiatan sebuah yayasan asing Reef Check dan Coral Reef Alliance,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button