DestinationHeadline NewsTourism

Surabaya Siapkan Puluhan Event Pariwisata, Dipastikan Lebih Menarik

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya menyiapkan 51 event dan 45 kegiatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pahlawan.  Event-event  tersebut akan digelar sepanjang tahun 2018.

“Seperti event kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, seni, UKM, dan olahraga,” kata Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata Kota Surabaya Widodo Suryantoro di Surabaya, Jumat, 12 Januari 2018.

Widodo mengatakan hampir rata-rata event yang digelar  di 2018 hampir sama dengan tahun sebelumnya. Namun, perbedaanny ada di kemasan. Untuk tahun ini kemasan yang akan ditampilkan dipastikan jauh lebih menarik dibandingkan tahun lalu.

“Konsep acaranya selalu kita kembangkan setiap tahunnya,” kata Widodo.

Festival Kalimas merupakan salah satu event pariwisata yang akan tampil berbeda dibanding event sebelumnya. Festival Kalimas yang digelar tahun ini akan diulas kembali berbagai sejarah yang lekat kaitannya dengan sungai yang memiliki panjang 19 kilometer tersebut.

“Festival Kalimas, nanti akan kita adakan secara tematik. Di atas kapal itu ada pementasan, seperti theater yang akan mengulas kembali sejarah Sungai Kalimas,” ujar Widodo.

Detailnya, mulai dari Jalan Petekan, Jalan Achmad Jais, Genteng, Taman Prestasi dan berakhir di Monumen Kapal Selam (Monkasel), akan ada pementasan di atas sebuah kapal. Pementasan itu akan menceritakan masa Airlangga (zaman dulu) yang akan dimanifestasikan ke dalam bentuk theater.

“Jadi, dari Jalan Achmad Jais sampai di monkasel, akan ada pementasan di atas kapal. Di monkasel nantinya akan ada cerita seperti pedagang saudagar-saudagar di masa lampau. Pasti menarik,” kata Widodo.

Selain itu, Disbudpar juga berencana menghidupkan kembali Jalan Tunjungan yang melegenda. Caranya, mereka akan menggelar festival kuliner and craft di acara mlaku-mlaku nang Tunjungan, yang rencananya akan digelar sebanyak enam kali selama setahun.

“Kami juga berencana menghidupkan Jalan Kembang Jepun, dengan cara menggelar festival kuliner and craft sebanyak enam kali selama setahun. Tapi ini masih menunggu PAK,” ujar Widodo.

Melalui berbagai event itu, diharapkan kunjungan wisatawan di tahun 2018 akan semakin meningkat. Ia pun menargetkan kunjungan wisatawan di tahun 2018 ini mencapai 27.270.270.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button