Culinary TourismTourism

Teh Talua, teh penambah tenaga

teh-talua-minuman-penambah-stamina-lelaki-minang

Teh Talua atau teh telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja. Telur (ayam kampung/itik) di kocok dengan gula pasir sesuai selera, setelah mengembang disiram dengan air teh yang telah diseduh dengan air panas. Minuman Teh Talua merupakan minuman asli dari Sumatera tepatnya di Padang. Talua artinya berarti telur. Teh Talua adalah minuman teh yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek, susu serta ditambah gula.

Menurut cerita rakyat masyarakat Padang, konon Teh Talua dikenal dengan teh untuk para kaum berada atau bangsawan. Namun sekarang semua orang dapat menikmati nikmatnya Teh Talua di rumah maupun di kedai minuman. Minuman tradisional ini bisa kamu minum saat pagi atau malam hari. Teh Talua paling enak dinikmati sambil berkumpul bersama kaawan-kawan atau keluarga di kedai. Sedangkan di rumah, Teh Talua biasa diminum sebelum melakukan kegiatan, karena dipercaya bisa memberikan kebugaran bagi tubuh. Teh Talua terdiri dari tiga lapis, yakni lapisan kecoklatan, putih dan busa. Cara Membuat Teh Talua adalah dengan mengaduk kuning telur dengan gula hingga berbusa. Tambahkan seduhan air teh dan susu kental manis. Untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis.

Rasanya segar dan bisa menambah stamina, jika kompisisinya tepat maka teh tidak berbau anyir. Wujud Teh Talua sekilas seperti Capuccino Latte hanya saja kalau Teh Talua memiliki 3 lapis warna. Bagi para pecinta minuman jamu penambah stamina, Teh Talua sangat cocok dijadikan salah satu menu jamu andalan. Di wilayah Jawa sangat jarang ditemui menu minuman Teh Talua, sehingga masih banyak yang belum mengetahui minuman berkhasiat ini. Cara Membuat Teh Talua sangat mudah dan bahannya juga mudah di dapat di warung tradisional. Berikut Resep Lengkap Teh Talua yang enak dan sehat. Teh talua, sebuah minuman yang tidak asing bagi masyarakat Minangkabau. Tampilan teh talua jika dalam gelas bening memiliki estetika yang cantik dengan tiga tingkat bagian warna. Tingkatan paling bawah berwarna putih yang merupakan tumpukan susu kental, tingkatan bawah berwarna kecokelatan yang merupakan campuran larutan teh, tingkatan paling atas merupakan gumpalan busa hasil kocokan. Sekilas minuman ini mirip dengan Cappucino ataupun teh tarik.

Biasanya, gelas kecil yang berisikan teh talua dialas dengan piring kecil yang disampingnya diberi potongan jeruk nipis. Potongan jeruk nipis penambah untuk kesegaran rasa teh talua itu sendiri. Tidak itu saja, sendok aluminium kecil diletakkan sebagai teman untuk mengaduk minuman tersebut. Aduklah yang tepat dan lalu teguk, rasakan sensasinya. Sama halnya kopi bagi kebanyakan orang, yaitu teman yang asyik dalam diskusi atau obrolan, begitu juga arti teh talua bagi banyak lelaki Minang. Tak lengkap rasanya menikmati obrolan tanpa teh talua dihadapan mereka. Biasanya, teh talua dinikmati pada pagi hari ataupun malam hari. Saat pagi hari, menikmati sarapan di lapau, warung makan, bersama lontong sayur sembari menciptakan obrolan bersama, teh talua kawan yang tepat. Begitu juga saat malam hari, beberapa lapau atau rumah makan di Sumatera Barat selalu ramai diisi oleh kaum lelaki usai seharian sibuk mencari rezeki. Obrolan mengenai bola, politik, dan gosip sekitar kampung menjadi topik yang sangat disukai. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button