Test Event Asian Games 2018 : Menguji Waktu Tempuh 34 Menit Kemayoran-Senayan

0

Jarak tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran menuju kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan venue lain menjadi perhatian khusus pada Asian Games 2018. Percobaan pertama pada test event.

Test event Asian Games 2018 akan digelar pada 8-15 Februari 2018. Dalam agenda itu akan dihelat delapan cabang olahraga dengan kompleks GBK sebagai venue utama. Sebagain cabang olahraga lain digeber di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sebagai miniatur Asian Games 2018, test event sekaligus bakal menjajal Wisma Atlet Kemayoran. Salah satu aspek utama yang dicoba adalah menguji waktu tempuh atlet dari Wisma Atlet ke venue yang tersebar.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengatakan akan ada ujicoba transportasi dan keamanan sebelum test event dimulai. Dia menyebut jarak tempuh dari wisma atlet di Kemayoran ke GBK tak lebih dari 34 menit.

“Soal itu akan ada rapat lagi berkaitan dengan hal tersebut. Kami minta Dephub dengan DKI kami minta agar bisa mengantisipasi. Maksimal jarak tempuh 34 menit dari wisma ke venue. Bagaimana alurnya, siapa yg mengatur kami akan ujicoba. Nanti tanggal 8 Februari sudah kami lakukan rute mana menggunakan apa,” ujar Puan.

Tak hanya itu, bus yang mengangkut atlet juga memiliki standar untuk bisa masuk atau keluar dari wisma atlet.

“Untuk ke GBK ada kickoff titik hari senin dengan deputi 4 mengenai trasportasi dan keamanan dan deputi lain ambil bagian agar mengerti proses yang terjadi. Bagaimana bus diterima di sini di depan, masuk security check, akreditasi masuk baru mereka masuk. Ada check in sendiri,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sekaligus ketua INASGOC, Erick Thohir terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *