TourismTransportation

Transportasi pekalongan kota kreatif

Landmark pekalongan

Kota Pekalongan Kota ini terletak di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal dengan julukan kota batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. Kota yang baru saja masuk jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art ini memiliki city branding World’s city of Batik ini memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Pelabuhan ini sering menjadi transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan dari berbagai daerah.

Selain itu di Kota Pekalongan banyak terdapat perusahaan pengolahan hasil laut, seperti ikan asin, terasi, sarden, dan kerupuk ikan, baik perusahaan berskala besar maupun industri rumah tangga. Dibidang properti Pekalongan merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan pertumbuhan properti yang cukup baik. Kemajuan perekonomian Kota Pekalongan saat ini ditandai dengan semakin maraknya pembangunan gedung-gedung midrise yang semakin menjamur di Kota Pekalongan.

Bagian utara Kabupaten Pekalongan merupakan dataran rendah (cuaca panas) sedangkan di bagian selatan berupa pegunungan (cuaca sejuk/dingin) yang merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Sungai-sungai besar yang mengalir diantaranya adalah Kali Sragi dan Kali Sengkarang beserta anak-anak sungainya, yang kesemuanya bermuara ke Laut Jawa. Pekalongan berada di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Angkutan umum antarkota dilayani oleh bus dan kereta api (di Kota Pekalongan). Jika Anda ingin ngebolang ria ke kota Pekalongan, maka jarak yang Anda akan tempuh yaitu sekitar ± 384 Km.

Kota Pekalongan memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Pelabuhan ini sering menjadi transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan dari berbagai daerah. Selain itu di Kota Pekalongan banyak terdapat perusahaan pengolahan hasil laut, seperti ikan asin, terasi, sarden, dan kerupuk ikan, baik perusahaan berskala besar maupun industri rumah tangga. Kondisi saat ini, banyak wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh ke Kota Pekalongan untuk berwisata namun tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai potensi dan peta pariwisata yang terdapat di Kota Pekalongan sehingga potensi wisata yang ada di Kota Pekalongan terasa sepi dan belum dikenal oleh banyak orang.

Hal ini disebabkan belum adanya sistem informasi yang bisa memberikan informasi mengenai peta pariwisata di Kota Pekalongan. Diharapkan dengan dibangunnya sistem informasi mengenai peta pariwisata di Kota Pekalongan akan memudahkan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Pekalongan. Transportasi di kota ini pun sudah cukup berkembang, karena terdapat terminal besar, stasiun, dan taksi. Makanan khas Pekalongan adalah megono, yakni irisan nangka dicampur dengan sambal bumbu kelapa. Makanan ini umumnya dihidangkan saat masih panas dan dicampur dengan petai dan ikan bakar sebagai menu tambahan.

Perhubungan / transportasi secara umum berfungsi sebagai katalisator dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan wilayah dan mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan Kota Pekalongan. Perhubungan/Transportasi sesuai dengan media yang dilaluinya, dikelompokkan menjadi perhubungan/transportasi darat, laut dan udara. Transportasi di Kota Pekalongan didominasi oleh transportasi darat berupa jalan raya dan rel kereta api.

Prasarana transportasi di Kota Pekalongan saat ini meliputi Terminal type A yang berfungsi melayani arus angkutan penumpang jarak jauh (regional) antar Kota Provinsi (AKAP) dan AKDP (Antar Kota dalam Provinsi). Terdapat 1 buah terminal kelas A yang melayani transportasi dari dan ke Kota Pekalongan dan dengan armada bus antar kota antar Provinsi yang tersedia mencapai 82 unit. Kota Pekalongan dilalui jalur Kereta Api jurusan Jakarta – Surabaya sepanjang 4,5 km dengan stasiunnya terletak di Jl. Gajah Mada. Selain transportasi darat, di Kota Pekalongan terdapat pula Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) yang berfungsi sebagai Pelabuhan Perikanan. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button