CultureDestinationHeadline NewsTourism

Turis Asing Antusias Ikut Peringatan HUT RI ke-72 di Sejumlah Daerah

 

HUT Kemerdekaan RI ke-72 menjadi momen yang spesial bagi seluruh bangsa Indonesia. Banyak daerah  yang mengemas peringatan HUT RI semenarik mungkin, mulai dari upacara pengibaran bendera  hingga perlombaan.

Ternyata bukan hanya masyarakat Indonesia, para wisatawan mancangera (wisman) juga antusias merayakan  HUT RI  ini. Antusias mereka ditunjukan dengan melihat upacara pengibaran bendera maupun ikut menjadi peserta lomba HUT RI.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak wisman yang serius menyaksikan tahapan upacara pengibaran bendera yang dilangsungkan di  Gedung Agung Yogyakarta, Kamis, 17 Agustus 2017.  Warga dan wisman bercampur melihat upacara yang dilangsungkan di gedung yang berada di tempat wisata belanja Malioboro ini.

Marc (33), turis asal Perancis terlihat begitu serius melihat jalanya upacara dari luar pagar. Bahkan ia menggendong putrinya di pundaknya agar bisa melihat upacara yang ada di dalam. Ia mengaku mengetahui bahwa ini adalah upacara memperingati hari kemerdekaan RI. Ia pun mengetahui Bung Karno sebagai pahlawan kemerdekaan RI dan Presiden pertama RI.

“Ya saya tahu ini upacara hari kemerdekaan Indonesia. Saya tahu Soekarno, Presiden pertama Indonesia,” kata Marc dalam bahasa Inggris di depan Gedung Agung Yogyakarta, seperti yang lansir detik.com.

Hal serupa juga terjadi di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika di Gedung Agung Yogyakarta beberapa wisman hanya dapat menyaksikan, di kompleks Candi Prambanan,  sejumlah wisman ikut  menjadi peserta upacara.

Meski dengan pakaian tak resmi, bahkan ada yang menggunakan celana pendek, belasan turis ini tetap hikmat mengikuti jalannya upacara. Bahkan saat bendera merah putih dikibarkan, mereka memberikan penghormatan.

Turis asal Belgia, Geert Van Oyen, mengaku cukup senang bisa mengikuti upacara hari kemerdekaan ini, meski hanya mengenakan kaos dan celana pendek. Dia bersama beberapa kerabatnya sengaja berlibur ke Indonesia selama dua pekan, yakni di Bali dan Yogyakarta.

“Saya senang berada di sini (Candi Prambanan) bisa mengikuti upacara kemerdekaan, orang-orang sini beragam dan sangat terbuka menerima kami,” katanya, Kamis 17 Agustus 2017.

Sementara itu di Bandara Soekarno Hatta menggelar lomba memperingati HUT RI ke-72. Acara yang dihelat serempak di Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta ini, mengundang banyak perhatian wisman yang sedang menunggu keberangkatan pesawat. Bahkan para wisman yang membawa anaknya ikut meramaikan perlombaan ini.

Senior Manager Terminal 2 Edi Mukri mengatakan, pagelaran lomba tradisional Indonesia di Bandara Soetta hari ini merupakan yang pertama kali diadakan pihak pengelola Bandara Soetta.

“Ini adalah tradisonal game yang biasa diadakan di setiap lingkungam rumah. Kami coba adakan di Terminal 1 dan 2,” katanya.

Ditambahkan dia, permainan yang telah dilombakan adalah makan kerupuk, lomba kelereng, dan memasukkan paku dalam botol. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa bingkisan menarik. (Sumberf sejumlah media online)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button