DestinationHeadline NewsPageantsTourism

38 Finalis PPI 2017 Dapat Pembelajaran Berharga Dari Mark Plus

38 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017  mendapat pelajaran berharga dari marketing konsultan ternama di Indonesia Mark Plus, Inc. Sesi pembekalan di hari ke 7 masa karantina ini, dilangsungkan di kantor Mark Plus,Inc di  Gedung 88 Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Agustus 2017. Kedatangan para finalis di kantor Mark Plus, Inc didampingi Founder and Chairman EL JOHN Pageants Jonnie Sugiarto.  Untuk materi pembekalan diberikan oleh Deputy CEO Mark Plus, Inc Dr Jacky Mussry.

Sebelum mendapat pembekalan. ke 38 finalis dibagi menjadi lima kelompok dan masing-masing kelompok diberi bahan tentang kategori wisata seperti marine tourism, halal tourism, dan nature tourism. Kategori wisata ini kemudian dibahas dan diskusikan, mulai dari pendapat mereka tentang kategori yang diberikan hingga solusi yang harus dilakukan. Setiap pembahasan dan diskusi diberi waktu 15 menit.

Setelah diskusi tentang kategori wisata selesai, barulah para finalis mengikuti sesi pembekalan dari Deputy CEO Mark Plus, Inc Dr JackyMussry di ruang Theater Class Mark Plus, Inc. Di sesi pembekalan ini, Jacky memberikan pemahaman tentang marketing yang berkaitan dengan pariwisata, antaralain soal analisa terhadap pesaing yang dihadapi, analisa tentang wisatawan yang akan didatangkan, bagaimana membentuk positioning yang kuat dan bagaimana membantuk brand suatu daerah wisata.

“Jadi semua yang terkait marketing saya jelaskan secara detail termasuk contoh-contoh dari negara lain dan dalam negeri. Termasuk juga bagaimana unsur taktis dari pemasaran itu sendiri  yang terlihat dengan produknya apa, harganya berapa , bagaimana mempromosikannya,chanelnya apa dan seterusnya,” kata Jacky usai memberikan pembekalan.

Jacky mengaku bangga dapat memberikan materi kepada 38 finalis yang bertalenta ini. Menurut Jacky para finalis sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikannya. Jacky menilai yang terpenting dalam pemebekalan ini ada keinginan yang kuat dari para finalis untuk mengetahui bagaimana memasarkan produk khususnya yang berkaitan dengan pariwisata.

“Mereka antusias. Sasaran saya bukan mengutamakan mereka bisa atau tidak bisa, itu nomer dua,  tapi pertama mereka menunjukan suatu minat yang tinggi   itu sesuatu yang sudah bagus.  Menciptakan awarness dulu ke mereka tugas anda tidak ringan  nanti kedua adalah mereka sudah tertarik lalu menciptakan aksi yang nyata. Ini sebenarnya ujian terberat apakah mereka berkomitmen untuk melaksanakan  dan kalau melaksanakan apakah hasilnya bagus atau tidak ini harapannya kedepan,  itu masih jangka panjang. Ini bukan persoalan menang, tapi yang terpenting bagaimana mereka bisa memberikan impact terhadap lingkungannya  terhadap daerah yang diwakili,” ujar Jacky.

Acara pembekalan ini ditutup dengan pemberian penghargaan dari EL JOHN Pageants yang diserahkan langsung oleh Founder and Chairman EL JOHN Pageants Jonnie Sugiarto kepada Deputy CEO Mark Plus, Inc Dr Jacky Mussry.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button