Culture

Untar Perkuat Semangat Nasionalisme Bagi Mahasiswa Melalui Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI,  Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar upacara penaikan bendera merah putih  di lapangan Upacara Kampus I Untar Jl. Letjen S. Parman No. 1, Jakarta Barat, Kamis pagi (17/08/2023).

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini,  diikuti oleh  4000 peserta yang terdiri dari  dosen, mahasiswa, karyawan, alumis dan unsur TNI-Polri. Dari jumlah tersebut,  paling banyak berasal dari mahasiswa baru yang jumlahnya mencapai 3.500 orang.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Rektor Untar  Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.M., I.P.U., Asean Eng. Kali ini, upacara mengambil tema Untar Untuk Indonesia, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Prof. Agustinus mengatakan, upacara ini digelar untuk memperkuat semangat nasionalisme  kepada setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Hal ini penting agar para mahasiswa Untar memiliki visi keIndonesiaan saat menjalani masa perkuliahan.

“Tujuannya tentu memberikan semangat nasionalisme, karena tiga hari yang kami berikan pendidikan mental kebangsaan utamanya itu. Sehingga ketika mereka sudah masuk perkuliahan mereka sudah punya visi keIndonesiaan itu yang kami harapkan,” kata Prof. Agustinus.

Selain itu, menurut Prof. Agustinus, upacara ini juga menjadi momentum untuk merenungkan Kembali kontribusi apa yang sudah diberikan generasi muda dalam mengisi kemerdekaan. Hal tersebut menjadi modal untuk mempersiapkan Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

“Saya kira itu menjadi kata kunci karena kalau tidak akan banyak persoalan di depan seperti anak-anak tidak siap  dan itu akan menjadi satu kendala untuk bisa mencapai Indonesia emas 2045,” sambung Prof. Agustinus.

Pada kesempatan ini, Prof. Agustinus menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim kepada insan pendidikan pada pada setiap jenjang sekolah

Untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

“Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” kata Mendikbudristek.

Upacara HUT Kemerdekaan RI yang diselenggarakan Untar mendapat apresiasi dari TNI. Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Staf Kodim 0503 Jakarta Barat Letkol Inf Harry Ismail yang hadir pada upacara ini.

Menurutnya, dilibatkan TNI dalam upacara ini, merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara Perguruan Tinggi Swasta dengan TNI. Selain itu, hal ini juga menjadi parameter bahwa Untar berkomitmen  menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

 “Kami berterima kasih terhadap Universitas Tarumanagara, kepada rektorat yang sudah melibatkan kami. Ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas yang baik. Apalagi di momen Sejarah ini, kita bisa buktikan bahwa ini salah satu indikator bahwa kampus ini sudah menerapkan dan terus mengaplikasikan nilai-nilai historical bangsa, Sejarah perjuangan kemudian menerapkan disiplin. Bagian-bagian seperti itu penting di dunia pendidikan,” kata Letkol Harry.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button