Headline News

Untuk Pertama Kali, Indonesia Terima 1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer

Pemerintah terus memasok vaksin ke tanah air untuk memenuhi kebutuhan vaksin secara nasional. Pada Kamis petang (19/8/2021), pemerintah kembali menerima kedatangan vaksin, kali ini vaksin yang didatangkan adalah vaksin produksi Pfizer, Amerika Serikat, sebanyak 1.560.780 dosis vaksin.

Vaksin buatan Pfizer ini menjadi vaksin pertama yang diterima pemerintah dan  untuk secara keseluruhan vaksin Pfizer menjadi vaksin tahap ke-38 yang didatangkan pemerintah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin  dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L Marsudi turut menyaksikan kedatangan vaksin Pfizer secara virtual.

Menkes mengatakan pada bulan Juli lalu, Kemenkes dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE telah menyepakati kerja sama dalam menyediakan 50 juta dosis vaksin Pfizer. Menkes berharap hingga akhir tahun dosis vaksin Pfizer yang telah disepakati sebelumnya dapat segera hadir di Indonesia.

“Kami harapkan sampai akhir tahun bisa memperoleh 50 juta dosis dari Pfizer secara business to business dan sekitar 20 juta sampai 30 juta vaksin business to business dari AstraZeneca untuk melengkapi 175 juta dosis vaksin Sinovac,” lanjutnya.

“Kita juga masih menunggu persetujuan dari FDA Amerika Serikat untuk 50 juta dosis vaksin Novavax yang diharapkan akan keluar persetujuannya dalam waktu singkat ini,” tambahnya.

Selain pendekatan B2B, Budi mengatakan Indonesia juga menerima vaksin melalui jalur perjanjian bilateral dengan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Dari GAVI kita sudah menerima vaksin AstraZeneca di awal dan kita akan juga menerima vaksin Pfizer dan Sinovac yang rencananya akan kita terima mulai bulan ini juga,” imbuh Menkes.

Hal senada juga dilontarkan Menkes. Ia menuturkan, Kementerian Luar Negeri dan diplomasi Indonesia akan terus bekerja keras untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia dari semua jalur dan menyuarakan kesetaraan vaksin bagi semua negara.

“Bekerja untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia dari semua jalur dengan segala mekanisme yang tersedia, dan diplomasi Indonesia juga akan terus bekerja antara lain untuk menyuarakan agar kesetaraan vaksin bagi semua negara dapat terwujud,” tuturnya.

“Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar guna menjamin pasokan vaksin untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Sekali lagi, mari kita dukung program vaksinasi agar kita bersama dapat keluar dari pandemi ini,” tambahnya. 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button