Headline NewsHealthy Life

Untuk Pertama Kali, Pemerintah Hari Ini Terima Vaksin AstraZeneca Sebanyak 1,1 Juta Dosis

Pemerintah   terus melakukan penambahan stok vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi masyarakat Indonesia. Pada Senin petang (8/3/2021), sebanyak 1,1 juta lebih  dosis vaksin dari Amsterdam, Belanda tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kali ini vaksin yang dating merupakan vaksin produksi AstraZeneca.

Vaksin ini merupakan vaksin  tahap ke enam yang diterima pemerintah Indonesia. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L Marsudi turut hadir untuk menyambut kedatangan vaksin.

“Pada hari ini, Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 vaksin jadi, dengan total berat 4,1 ton yang terdiri dari 11.136 karton,” ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menlu menjelaskan vaksin pertama buatan AstraZeneca ini merupakan tahap pertama yang diperoleh pemerintah melalui jalur multilateral COVAX Facility.

“Di dalam batch pertama, Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin jadi. Pengiriman batch pertama akan dilakukan hingga Mei 2020 dan Insya Allah menurut rencana akan diikuti batch-batch selanjutnya,” ujarnya.

Fasilitas COVAX adalah kerja sama multilateral untuk memastikan semua orang di dunia akan menerima vaksin COVID-19. Skema kerja sama ini digagas oleh Aliansi Vaksin GAVI, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan UNICEF.

Indonesia melalui Menlu RI Retno LP Marsudi adalah salah satu ketua bersama (co-chair) dari program kerja sama vaksin multilateral COVAX Advance  Market Commitment (AMC) Engagement Group (EG) yang beranggotakan 92 negara ini.

Seperti diketahui, pemerintah pertama kali menerima vaksin pada 6 Desember 2020, dari Sinovac 1,2 juta dosis. Kemudian, pada 31 Desember 2020, pada tahap kedua, kembali didatangkan sebanyak 1,8 juta dosis vaksin jadi produksi Sinovac.

Kemudian, pada 12 Januari 2021 atau tahap ketiga, didatangkan sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac yang kemudian diolah oleh BUMN PT Bio Farma. Pada tahap keempat, sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac tiba pada tanggal 2 Februari 2021.

Selanjutnya, pada 2 Maret 2021 lalu, pada tahap kelima, kembali tiba sebanyak 10 juta bahan baku vaksin COVID-19 produksi Sinovac. Dan yang hari ini adalah vaksin tahap keenam yang diterima pemerintah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close