Destination

Wajib Dikunjungi, Ini 6 Destinasi Wisata Menarik di Aceh

Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di ujung Pulau Sumatera. Aceh mempunyai banyak tempat wisata menarik serta keindahan alam yang memanjakan mata. Dari sekian banyaknya tempat wisata di Aceh, berikut beberapa rekomendasi destinasi yang wajib dikunjungi.

Museum Tsunami

Sumber Foto: museumtsunami.acehprov

Pada tahun 2004, Aceh mengalami gempa bumi yang hebat dan mengakibatkan terjadinya tsunami. Bencana alam di Aceh ini meninggalkan duka yang mendalam untuk Indonesia maupun dunia.

Untuk itu, Museum Tsunami di Aceh berdiri sebagai tempat untuk mengenang kejadian dan menghormati para korban. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi pusat pendidikan dan sebagai pusat evakuasi jika bencana tsunami sewaktu-waktu datang lagi.

Masjid Raya Baiturrahman

Sumber Foto: Kompas/SHUTTERSTOCK/R.A. KARAMULLAH

    Masjid Raya Baiturrahman merupakan bangunan yang menjadi saksi bisu gempa bumi dan tsunami di Aceh pada 2004 silam. Pada saat itu, masjid ini tetap berdiri kokoh meski bangunan di sekitar sudah hancur disapu ombak tsunami.

    Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada 1022H/1612M di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda dari Kesultanan Aceh Darussalam. Tidak hanya menjadi tempat beribadah, masjid ini juga menjadi pusat pendidikan ilmu agama Islam pada masa Kesultanan Aceh.

    Kini, Masjid Raya Baiturrahman dapat menampung hingga 24 ribu jamaah dan menjadi objek wisata ikonik di Aceh.

    Tugu Titik Nol Kilometer

    Sumber Foto: Kemenparekraf

    Titik nol kilometer terdapat di berbagai kota di Indonesia, salah satunya ada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Tempat ini sering disebut penanda geografis ujung terjauh barat Indonesia, di mana berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

    Selain berfoto di tugu nol kilometer, kamu juga bisa melihat bawah laut yang sangat indah. Terdapat 20 titik selam di Sabang seperti di West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie Rickmers. 

    Danau Laut Tawar

    Sumber Foto: disbudpar.acehprov

    Aceh memiliki danau yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggröe Aceh Darussalam. Danau ini bernama Danau Laut Tawar oleh Suku Gayo. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

    Danau Laut Tawar merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semangko. Kamu bisa menikmati Danau Laut Tawar dengan menggunakan sekoci, perahu karet, sampan, hingga speedboat.

    Gua Sarang

    Sumber Foto: jadesta.kemenparekraf

    Destinasi wisata lain yang ada di Aceh adalah Gua Sarang yang terletak di Desa Sarang, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Gua ini berada di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut. Selain itu, gua ini menjadi tempat bersarangnya burung wallet dan kalong.

    Pulau Kluang

    Sumber Foto: Kumparan/Ahmad Ariska

    Pulau Kluang di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu pulau di Aceh yang mempunyai alam memesona. Pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni, sehingga dapat membuat suasana hati menjadi tenang.

    Di pulau ini terdapat gua bawah laut yang diberi nama Gua Kelelawar. Kamu bisa menjelajahinya dengan berenang atau menggunakan perahu saat air laut pasang.

    Show More

    Related Articles

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button