DestinationEco TourismMarine TourismTourism

Wajo Expo Membuka Rangkaian Penyelenggaraan Festival Danau Tempe 2017

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru membuka Wajo Expo yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Danau Tempe 2017 di kawasan wisata Rumah Adat Atakkae, Kecamatan Tempe, Wajo, Selasa (1/8) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati dua periode tersebut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Musaffar Syah. Puluhan stand BUMD, BUMN, SKPD, turut meramaikan acara yang diselenggarakan 1-10 Agustus 2017 tersebut.

Selama ini Danau Tempe dikenal merupakan salah satu obyek wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan. Terletak di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, Danau Tempe yang memiliki luas sekitar 13.000 hektar merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Unik dan menakjubkan merupakan kesan yang akan didapatkan ketika berkunjung ke danau purba ini, karena berada di wilayah Pulau Sulawesi yang unik dan terbentuk secara unik pula yakni melalui proses benturan lempeng bumi ribuan tahun silam.

Danau Tempe memiliki kekayaan ikan air tawar yang melimpah, beberapa spesies ikan air tawar endemik. Danau Tempe menjadi komoditi ekspor sampai ke Benua Eropa dan Amerika misalnya Ikan Celebes Rainbow (Telmatherina Ladigesi) dan Ikan Binishi (Oryzias Celebensis) Sebagai informasi Danau Tempe berada  di rute migrasi antar benua dari beberapa jenis burung, beberapa jenisnya merupakan jenis burung yang dilindungi keberadaannya oleh Badan Konservasi Burung Dunia, sehingga jika beruntung anda bisa menyaksikan beberapa jenis burung yang jarang ditemui.

Selain kekayaan hayati Danau Tempe yang menakjubkan, kita juga bisa menyaksikan langsung keunikan budaya masyarakat setempat jika jalan jalan ke danau ini kita bisa berkunjung ke rumah apung penduduk yang berada  di tengah danau, dari atas rumah terapung, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dan tenggelam dari satu posisi yang sama. Selain itu anda juga bisa melihat aneka macam burung, bunga dan rumput air yang tumbuh diatas danau. Saat malam tiba, wisatawan akan dibuat terpesona dengan keindahan bulan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button