CultureDestinationTourism

Wakili Riau di Malam Pagelaran Paket Khusus TMII, Tarian Budaya Bengkalis Pukau Dubes Inggris, Kanada dan Korea

Beberapa Duta Besar (Dubes) negara tetangga, terlihat semangat mengabadikan setiap gerak dan liukan penari yang tampil pada malam pagelaran (paket khusus) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dibawakan putra-putri asal Bengkalis, Riau, Sabtu (16/12) malam.

Hadir malam itu, Dubes Inggris, Kanada dan Korea Selatan. Mereka tampak terpukau dengan penampilan budaya khas melayu dari Bengkalis yang memang menjadi wakil Riau tahun ini. Acara yang digelar di Anjungan Riau TMII tersebut, berlangsung sangat meriah.

Event tahunan ini juga dihadiri langsung Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kadispar Riau, Fahmizal Usman, Kabid Promosi, Hj Yulisma, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan Kepala UPT Anjungan Riau, Cecep Iskandar.

Selain tarian budaya, malam pagelaran budaya tersebut juga menyuguhkan berbagai hidangan atau kuliner khas melayu kepada para tamu undangan yang berasal dari berbagai daerah.

Aneka makanan dan minuman khas Riau seperti gulai ikan salai, kue jala dan minuman laksana mengamuk menjadi hidangan istimewa malam itu.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis, Amril Mulminin menyampaikan, di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Bengkalis tidak hanya memiliki keberagaman budaya. Tapi juga memiliki objek dan destinasi wisata. Bahkan tatacara atau adat istiadat hingga wisata alam juga dimiliki bengkalis.

“Kita memiliki banyak potensi alam, budaya dan makanan yang enak-enak. Kabupaten Bengkalis sangat kental dengan budaya Melayu yang sampai saat ini tidak pudar,” ujar Amril dihadapan tamu undangan.

“Mari bersama-sama kita informasikan kepada dunia kalau kita tidak kalah dengan daerah lain. Mari kita jaga dan lestarikan budaya kita,” ajak Bupati.

Sementara itu, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam pemaparannya menjelaskan, dirinya dan pemerintah provinsi, siap mendukung daerah yang ingin atau sedang fokus memajukan wisata daerahnya masing-masing-masing.

Dukungan tersebut kata Andi, mulai dari persiapan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM) untuk kelanjutan masa akan datang.

“Kita mendukung seluruh daerah yang mau mengembangkan budaya. Pemerintah provinsi Riau mendukung, menjaga, melestarikan dan mempersiapkan SDM,” kata Gubernur Riau yang akrab disapa Andi itu.

Menurut Andi Racman, ada beberapa langkah yang disiapkan oleh Pemerintah Provisni Riau guna menyiapkan SDM yang handal untuk memajukan wisata Riau. Salah satunya dengan mengenalkan ke generasi muda melalui bangku pendidikan dengan membuat regulasi untuk masuk ke kurikulum dan membentuk Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) disetiap Kabupaten.

“Ke depan, kita juga buat regulasi seperti muatan lokal kebudayaan Melayu. Kedua, LAM kita sudah Shutle keseluruh daerah sampai Kabupaten,” jelasnya.

Andi juga menegaskan, bahwa Pemprov Riau sudah menyiapkan anggaran bagi daerah yang tidak memiliki anggaran lebih untuk pembangunan cagar budaya dan objek wisata.

“Kami akan membantu untuk membangun objek wisatanya seperti pembangunan Istana Kerajaan jika mereka kekurangan anggaran. Kita juga sudah menyiapkan pariwisata berbasis budaya,” pungkas Andi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button