CultureHeadline News

Wapres JK Apresiasi Pesta Bolon Simbolon 2017

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK  menghadiri pembukaan Pesta Bolon Simbolon 2017 yang digelar di Jakarta, Sabtu ini, 8 Juli 2017.Pesta Bolon Sombolon yang dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta ini merupakan syukuran akbar keluarga besar Simbolon dan memohon doa kepada Tuhan untuk perlindungan dan kasihNya pada tahun-tahun mendatang.

Puncak Pesta Bolon Simbolon ditandai dengan pesta Horja Adat Batak yang merupakan prosesi ritual adat kebesaran masyarakat Batak yang telah dilakukan sejak dulu.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Pesta Bolon Simbolon seperti kegiatan olahraga, seni dan budaya selama sepekan seperti ibadah raya, olahraga, festival seni dan budaya, peragaan busana dan desain, donor darah, pertunjukan musik serta pesta adat Batak.

Dalam sambutannya JK mengajak para hadirin untuk mencintai dan memperkuat keberagaman yang ada di Indonesia.”Acara Pesta Bolon Simbolon ini membuktikan kita semua bagaimana ragamnya dan indahnya suku-suku, kebiasaan adat istiadat dari kita semua. Kekuatan bangsa ini justru karena perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika,” kata JK

“Kita lihat bagaimana keragaman begitu indah dan kuat. Kita mempunyai begitu banyak suku bangsa yang mempunyai bahasa, suku, kebiasaan adat yang berbeda dan itulah kekuatan kita,” sambung JK.

Ia juga memuji tradisi dari orang-orang Batak yang selalu berbicara terang-terangan dan mengedepankan keterbukaan. Hal ini lalu disambut dan diapresiasi seluruh hadirin yang mendengarkan.

Sebelumnya Pesta Bolon Simbolon yang pertama dilaksanakan di Parbaba Samosir pada 1-7 Juli 2007 dan yang kedua dilaksanakan di Gelora Bung Karno Jakarta pada 1-7 Juli 2012.

Selain menggelar Pesta Bolon simbolon juga dirangkai dengan Kongres Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI). PSBI yang dibentuk pada 2006 bermaksud untuk melestarikan warisan nilai-nilai masyarakat adat Batak yang diwariskan leluhur marga Simbolon dalam mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.

Saat ini kepengurusan PSBI tersebar di 106 wilayah di Indonesia dengan jumlah anggota sekitar 300.000. Marga Simbolon adalah keturunan Ompu Simbolon Tua yang terbagi dua yaitu Suri Raja dan Martua Raja. Bila diurut dari Ompu Simbolon Tua maka generasi marga Simbolon saat ini telah mencapai generasi ke-25.

Wapres JK menghadiri pesta adat ritual  Batak yang sudah sejak lama dilakukan dalam tradisi marga Simbolon dari Sumatera Utara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button