DestinationEco TourismHeadline NewsTourism

Wisata Kawah Ijen Akan Dikelola Pusat dan Dibangun Kereta Gantung

Obyek wisata Kawah Ijen yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan dikelola langsung oleh pemerintah pusat.

“Obyek wisata Kawah Ijen di Kecamatan Ijen sudah masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang pengelolaannya langsung dilakukan pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Sabtu, 3 Juni 2017.

Ia memaparkan pada rapat di Kementerian Pariwisata RI beberapa waktu lalu juga dibahas pengelolaan wisata Kawah Ijen yang diperkirakan akan dikelola oleh investor yang ditunjuk karena pada rapat waktu itu juga hadir beberapa investor.

Ada beberapa rencana yang dilakukan investor kedepannya untuk mengembangkan wisata Kawah Ijen. Salah satu rencana yang sudah mengemuka itu yakni pembangunan kereta gantung di Kawah Ijen yang menjadikannya masuk sebagai kawasan wisata internasional.

Sarana kereta gantung dan akses jalan yang akan jadi jalan utama menuju objek wisata Kawah Ijen akan lebih banyak menuju dan dari Kota Bondowoso. Dengan demikian maka status status cagar budaya kawasan tersebut bakal berubah menjadi taman wisata.

Tentu membanggakan jika di Kwah Ijen terdapat kereta gantung yang memudahkan pengunjung untuk menyaksikan keindahannya lebih jelas lagi. Apalagi jika lokasi tersebut berubah menjadi kawasan wisata internasional.

Menurut Adi, kendati status cagar alam berubah menjadi taman wisata alam namun fungsinya sebagai cagar alam akan tetap dijaga atau hanya pemanfaatannya saja yang akan berubah.

“Dari hasil rapat kami di Kementerian Pariwisata di Jakarta beberapa waktu lalu, kereta gantung yang akan dibangun di kawasan wisata Kawah Ijen itu aksesnya akan lebih banyak dari Bondowoso. Oleh karenanya kami terus aktif mengikuti rapat di kementerian,” katanya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button