SportsTourism

Wisata Rafting di Sungai “Elo”

sungai elo

Lokasi sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, jawa tengah. Sungai Elo sangat dekat dengan obyek wisata seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Untuk jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 40 menit . Untuk Rafting atau Arung Jeram di sungai Magelang ini, Setiap peserta akan menggunakan peralatan keamanan standar Internasional demi keselamatan para wisatawan. Diantaranya seperti pelampung rafting, helm rafting, dan pemandu rafting di perahu. Pemandu rafting yang terlatih akan menemani kita sekitar 3 jam.

Dengan jarak sekitar 12 km, Sungai Elo ini memiliki tingkat kesulitan tingkat II-III yang bagus untuk pemula (atau jika peserta tidak bisa berenang) dan rekreasi (obyek wisata) keluarga yang menyenangkan. Sungai elo mempunyai jarak 12 kilometer, dengan waktu untuk melakukan wisata arung jeram sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam. Bagi anda yang masih pemula sekalipun belum pernah melakukkan arung jeram atau rafting, sungai elo adalah pilihan yang tepat karena tingkat kesulitan dan bahayanya sangat rendah untuk berwisata arung jeram atau rafting bersama keluarga.

Kedalaman sungai Elo Magelang ini pun cukup pas untuk olahraga wisata rafting. Dengan kedalaman sungai 3-5 Meter dan arus yang cukup pas serta tidak terlalu deras membuat rafting di sungai elo Magelang ini tak hanya cocok di musim kemarau saja. Rekomndasi dari para operator terkadang adalah untuk mencoba rafting di sungai Elo Magelang ketika musim hujan, itu akan lebih menantang tapi tetao safe untuk rafting / arung jeram. Sungai Elo ini dapat anda lihat dari jembatan  Mendut yang berada di arah keluar dari Candi Borobudur yang menuju ke Yogyakarta atau dari Yogyakarta menuju ke Candi Borobudur sebelum 2 Km dari Candi Borobudur.  Sungai elo / Kali Elo Magelang ini tampak asri dan jernih jika di musim kemarau dan tampak berarus deras di musim hujan.

Bersiaplah berbasah-basahan, merasakan ketegangan yang memuncak, menghentak asyik di antara batu kali dalam hasrat petualangan yang amat memuaskan. Sepanjang pengarungan Anda dapat menikmati hamparan sawah menghijau dengan alam pedesaan nan asri, serta hutan kopi. Jangan heran juga akan ada banyak sapaan ramah penduduk sekitar selama pengarungan. Di tengah perjalanan ada kejutan dari pemandu rafting dalam suasana hangat penuh keakraban.

Air sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu dan sungai Progo berasal dari lereng utara Gunung Sumbing, dan mengalir kearah selatan Borobudur. Kedua sungai ini tidak memperlihatkan adanya perubahan aliran, akan tetapi proses geomorfik menunjukan adanya pembentukan undak – undak sungai (river Teraces). Data teras sungai yang ada di sungai Progo dan Sungai Elo, sangat baik ditemukan disepanjang aliran kedua sungai tersebut, sebelum mencapai dataran rendah Borobudur.

Sungai Elo Magelang ini, selain cocok buat rafting untuk pemula. Banyak yang bisa ditawarkan daripada sungai-sungai lainnya. Keindahan tebingya yang mirip Green Canyon, gedung2 tua peninggalan belanda, para pemancing ikan dan aktifitas warga serta pohon2 bambu yang menjulang menjadi keindahan tersendiri. Sesekali di sore hari, selain rafting anda bisa menikmati keindahan sunset di sore hari. So, terkadang pemain wisata rafting yang bukan pemula atau bisa dibilang Professional mereka sangat ingin menikmati keindahan sungai Elo dengan mencoba rafting di sungai Elo Magelang bersama kawan-kawannya. Kalau anda bukan pemula dalam rafting, anda juga bisa menikmati wisata rafting di sungai Elo, karena anda tak hanya menikmati wisata raftingnya saja. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan di sepanjang sungai Elo dan beberapa jeram yang nampak indah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button