Eco TourismTourism

Berwisata dengan nuansa alam di Bogor

Kampung Budaya Sindangbarang

Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 949.066 jiwa (2010). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan.

Salah satu tempat yang menjadi ikon atau trademark khas kota ini adalah Kebun Raya Bogor. Tempat ini dibangun pada tahun 1817 oleh pemerintah Belanda yang waktu itu menjajah Indonesia. Di dalam Kebun Raya Bogor terdapat berbagai tanaman khas negara kita. Kurang lebih ada 20 ribu tanaman yang tumbuh di sana. Nah selain ityu masih ada nih beberapa tempat wisata yang beretemakan alam, jadi anda dapat melepaskan rasa stres anda selama liburan dan menikmati udara segar dari daerah yang hijau.

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7. Di Kampung Budaya Sindangbarang anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain. Di Kampung budaya Sindangbarang ini terdapat 8 macam jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya.

Disini juga terdapat berbagai situs-situs purbakala peninggalan dari kerajaan Pajajaran yang berupa Bukit-bukit berundak. Di sindangbarang ini pada setiap satu tahun sekali diselenggarkan sebuah upacara adat Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa puji syukur masyarakat desa ini terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen serta hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan juga berharap agar hasil panen pada tahun depan akan menjadi lebih baik lagi.

Telaga Warna Puncak Bogor Adalah sebuah objek wisata puncak dengan danau yang warnanya dapat berubah sesuai kondisi alamnya menurut warga setempat. Objek wisata telaga warna puncak Bogor terletak tidak jauh dari puncak pass atau restoran rindu alam. Di telaga warna anda bisa bermain berbagai jenis permainan air seperti menggunakan perahu rakit. Kawasan wisata telaga warna ini menawarkan panorama alam yang indah dan terjaga keasriannya. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata, kawasan Telaga Warna merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang.

Kawasan taman wisata telaga warna ini menawarkan panorama alam yang masih asri, terletak di pinggir sebuah telaga yang masih terjaga keasriannya, sehingga wistawan bisa menikmati pemandangan dan mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit. Selain itu, dapat juga melakukan kegiatan rekreasi keluarga sambil bersepeda air. Keistimewaan lainnya, di tempat ini dapat dijumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, antara lain Paku Tiang, Rame, dan Rotan. Wisatawan juga bisa menemui beberapa jenis fauna liar, seperti hewan mamalia, primata, aves, dan reptilia. Adapun mamalia yang masih ada ialah macan tutul dan babi hutan. Kemudian jenis primata yang dilindungi di objek wisata Telaga Warna ialah kera abu-abu, surili , dan lutung.

Danau Situ Gede adalah sebuah danau dengan luas sekitar 6 hektar dan dikelilingi oleh hutan. Danau Situ Gede adalah tempat rekreasi sehari-hari bagi warga Bogor yang gemar memancing, menaiki perahu ke tengah danau, dan jalan-jalan di hutan yang rimbun. Hal yang sangat menarik dari hutan yang ada disana adalah bahwa disana terdapat banyak rusa dan anda bisa bermain-main dengan mereka. Mungkin akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan anda bisa berinteraksi langsung denga rusa-rusa yang tinggal di habitat aslinya. Selamat menikwati wisata alamnya ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button