Headline NewsPageantsTourism

Yayasan EL JOHN Indonesia Gelar Karantina Virtual Perdana Putri Pariwisata Indonesia 2021

Yayasan EL JOHN Indonesia melalui unit kerjanya EL JOHN Pageant mulai  menggelar karantina finalis Putri Pariwisata Indonesia 2021 secara virtual, Rabu (18/8/2021). Karantina yang disiarkan langsung oleh EL JOHN TV ini, diikuti oleh 34 finalis dari setiap provinsi.

Karantina perdana ini, diawali dengan perkenalan dari masing-masing finalis dengan dipandu oleh host Monica Khonado (Miss Earth Indonesia 2020). Setelah itu dilanjutkan dengan pembekalan dari tiga narasumber berkompeten yakni Astari Indah Vernideani (Putri Pariwisata Indonesia 2017/Miss Tourism International 2018-2019), Donny De Keizer (Newscaster and Public Speaker Mentor) dan Martinus Johnnie Sugiarto (Founder Yayasan EL JOHN Indonesia).

Dalam pembekalannya, Astari memberikan tips kepada para finalis untuk menjadi seorang pageant professional. Astari mengatakan ada beberapa hal yang diperhatikan finalis, diantaranya mengenai branding.

Menurut Astari, branding diri sendiri sangat dibutuhkan bagi seorang pageant. Pasalnya melalui branding,  orang akan  mengetahui   ciri khas yang melekat sehingga akan mudah dikenal, apalagi di moment pemilihan, maka branding diperlukan agar dapat mencuri perhatian dewan juri.

“Nah kalian di sini karena virtual, kalian harus bisa branding juga nih di sosial media agar kalian dapat dikenal oleh finalis itu seperti apa. Kamu mau dikenal oleh warga negara Indonesia, kamu perlihatkan seperti apa, ini juga berlaku nanti di Internasional Pageant,” kata Astari.

Selain branding, hal yang perlu dijalani seorang pageant adalah menguasai komunikasi secara  verbal dan non verbal. Untuk komunikasi verbal, seorang pageant harus memiliki tutur kata yang santun, lembut dan jelas. 

“Lalu untuk non verbal communication, itu menurut aku sangat penting.  Non verbal communication itu adalah gesture kita, terus misalkan busana kita, make up kita karena semuanya itu yang dilihat pertama  bukan kita bicara tetapi dari diri kita sendiri,” ungkap Astari.

Sementara itu, Donny De Keizer (Newscaster and Public Speaker Mentor) memberikan materi seputar public speaking. Kepada para finalis, Donny mengatakan ada tiga fungsi public speaking yakni memberikan informasi, membujuk dan menghibur.

Jadi salah satu saja teman-teman melakukan ini, memberi informasi, membujuk atau mempersuasi dan menghibur, anda sudah public speaker, tetapi bukan sekedar jadi public speaker. karena mempromosikan pariwisata Indonesia bukan sekedar tampilan, bukan sekedar konten di media sosial tetapi dengan mempersuasi seseorang  baik lewat kata-kata termasuk juga dengan Tindakan,” ujar Donny.

Untuk pembekalan terakhir disampaikan Martinus Johnnie Sugiarto (Founder Yayasan EL JOHN Indonesia) yang materi pembekalannya tentang Yayasan EL JOHN Indonesia.

Tokoh Pariwisata Nasional ini menjelaskan,  Yayasan EL JOHN yang didirikan pada 22 Februari memiliki visi dan misi dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi generasi muda. Pengembangan SDM dilakukan Yayasan EL JOHN Indonesia melalui kontes-kontes pageant.

Karena itu Martinus Johnnie Sugiarto berinisiatif membeli banyak francaise kontes-kontes dunia, total ada 15 francaise yang dimiliki Yayasan EL JOHN Indonesia. Dengan memiliki banyak francaise, Yayasan EL JOHN Indonesia dinobatkan oleh World Record sebagai Yayasan yang memiliki francaise kontes internasional terbanyak di dunia.

“Yayasan EL JOHN Indonesia berjalan di dalam visi dan misinya sebagai mengembangkan sumber daya manusia generasi muda. Karena saya percaya bahwa generasi muda akan menjadi pemimpin bangsa Suatu saat nanti seluruh dunia akan dikuasai oleh anak-anak muda. Karena kalian lah yang punya potensi, kalian lah yang punya semangat, kalian punya tenaga, kalian punya networking, kalian lah yang akan memimpin negara atau bahkan dunia ini. Oleh karena itu SDM harus disiapkan,” terang  Martinus Johnnie Sugiarto.

Karantina virtual yang disiarkan langsung oleh EL JOHN TV ini, akan dijalani para finalis sebanyak empat kali yakni pada tanggal 18  dan 25 Agustus 2021,  kemudian tanggal 1 dan 8 September 2021. Selain karantina, para finalis juga akan menjalani sesi interview pada tanggal 13 dan 15 September 2021. Untuk malam grand final secara virtual, akan dilangsungkan  bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia yakni tanggal 27 September 2021

Tahun ini, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia mengangkat tema ‘Sustaining Tourism Growth For Indonesia. PIC pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 Bagas Soripada mengatakan dipilihnya tema tersebut karena Yayasan EL JOHN Indonesia ingin membangun Pariwisata secara berkelanjutan.

“Jadi kita ingin membangun Pariwisata secara jangka Panjang atau sustaining  dari semua sector baik itu UMKM-nya, destinasi wisata alamnya, baharinya, terus wisata flora dan faunanya juga, jadi semuanya harus ikut dibangun sektor-sektor yang menjadi bagian dari pariwisata,” kata Bagas kepada tim liputan EL JOHN News, Rabu (18/8/2021).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close