CultureDestinationHeadline NewsTourism

Yuk Nonton Toboali City On Fire 2017 Season II Yang Dipastikan Bakal Lebih Meriah

Bagi anda yang akan berkunjung ke Bangka Belitung pada akhir pekan ini jangan sampai terlewatkan untuk menyaksikan Festival Seni Budaya terbesar di Bangka Belitung. Event itu bernama Toboali City On Fire 2017 Season II yang resmi diluncurkan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Rabu Malam, 26 Juli 2017.

Festival ini resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah yang mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman karena  berhalangan hadir.  Toboali City On Fire 2017 Season II ini akan dipusatkan di Lapangan Laut Nek Aji Toboali pada 27-30 Juli 2017. Pagelaran Toboali City On Fire (TCOF) Season 2 adalah untuk kali kedua festival ini diselenggarakan

Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah. mengatakan persiapan Festival ini sudah 99 persen. Menurut Abdul Fatah Festival Toboali City On Fire menjadi salah satu upaya membangun dan memberikan wajah baru bagi sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan.

“Bangka Selatan memiliki potensi pariwisata yang besar layaknya Belitung, kami punya pantai bersih, batu memesona, pemandangan bawah laut, dan yang tak kalah penting punya komitmen yang tinggi membangun pariwisata. Ini modal besar untuk pariwisata, yang nantinya akan menyumbangkan jumlah wisatawan datang ke Indonesia,” kata Abdul Fatah dalam sambutannya di acara peluncuran Festival Toboali City On Fire Season II.

Festival yang kali kedua ini, akan menyuguhkan 16 agenda acara selama Toboali City On Fire Season 2 digelar. Ke-16 rangkaian acara dan lomba itu antara lain: BikePacker, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Lomba Melukis Tudung Saji, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Toboali Oriental Mural Festival, Nganggung 1.000 Dulang, hingga Touring Komunitas Motor.

Untuk acara festivalnya, ada Festival Tari Kreasi Daerah, Festival Layang-layang, Festival Kuliner, dan juga Festival Barongsai. Rangkaian acara ini ditutup dengan Ritual Adat Buang Jung.

Pesertanya bukan hanya dari dalam negeri aja yang meramaikan festival tersebut, namun rencananya Festival Toboali City On Fire Season II juga akan dimeriahkan oleh beberapa peseta dari mancanegara, salah satunya dari Venezuela yakni   seorang  seniman muda asal Caracas Venezuela  Estefania Pifano. Peserta dari mancanegara berdasarkan data dari panitia akan ada 7 sampai 10 pelaku seni mancanegara dari berbagai negara yang akan terlibat langsung di event Toboali City On Fire Season II ini.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan TCOF sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Babel, khususnya Bangka Selatan yang memiliki daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade), sekaligus memperkuat daya saing pada unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

“Provinsi Babel memiliki atraksi yang menarik, terutama kulinernya. Begitu pula amenitas ada puluhan hotel berbintang dan dalam waktu dekat bertambah satu hotel berbintang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, sedangkan untuk aksesibilitas sebentar lagi Bandara HAS Hanandjoedin di Belitung menjadi bandara internasional dan akan banyak penerbangan internasional di antaranya dari Tiongkok sebagai pasar utama,” tutur Menpar Arief Yahya.

Ia menjelaskan, percepatan pembangunan KEK Tanjung Kelayang sebagai destinasi prioritas yang akan menjadi “Bali Baru” terus dilakukan terutama pada unsur 3A, di antaranya konektivitas udara (air connectivity) untuk membuka pasar utama.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button