Culinary TourismTourism

Yuuk berwisata rasa di Tanah Khatulistiwa

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan. Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Iklim di Kalimantan Barat beriklim tropis, curah hujan merata sepanjang tahun dengan puncak hujan terjadi pada bulan Januari dan Oktober suhu udara rata-rata antara 26,0 s/d 27,0 dan kelembaban rata-tara antara 80% s/d 90%.

 tempoyak

Kalau anda mengunjungi kalimantan barat dan penyuka buah durian dapat menikmati salah satu makanan yang diolah dari buah durian dan dapat dijadikan lauk juga loh. Hmm penasaran, silahkan anda datang ke Kalimantan Barat dan cicipi Tempoyak. Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu suku bangsa Melayu di Malaysia dan Indonesia yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Ketika anda makan tempoyak akan terasa beda ri durian yang anada makan kerena rasa yang akan anda dapatkan dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya, proses fermentasi dilakukan dalam sebuah wadah yang tertutup rampat dan didiamkan dalam wadah tersebut selama tiga hingga enam hari.

Karena rasanya khas nan lezat membuat tempoyak dapat dijadikan makanan utama. Sebagian besar masyarakat Melayu menjadikan hidangan ini sebagai hidangan pada menu lauk sehari-hari. Selain menjadi menu utama, tempoyak juga dapat dijadikan sebagai menu tambahan dalam olahan yang dapat dipadupadankan dengan daging ataupun ikan. Bukan hanya dapat dimakan setelah menjadi olahan matang, tempoyak mentah juga terasa lezat disantap dengan dicampur gula pasir dan irisan cabe rawit. Selain nikmat, tempoyak juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seperti air, karbohidrat, lemak, protein, serta, energy, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor.

Nah disini juga ada dua jenis kerupuk loh ada Amplang dan Kerpuk Basah. Terus apa bedanya ?, pasti beda donk kan ampalng dari Ketapan sementara kerupuk Basah dari Kapuas Hulu. Cara makannya juga berbeda loh, untuk ampalang harus dimasak dulu untuk mengkonsumsinya tapi anda tidak perlu repot karena banyak yan gmenjual amplang siap makan. Kerupuk basah dapat dimakan dengna dua cara dapat dimakan begitu saja atau anda juga bisa menggorengnya terlebih dahulu. Untuk bahan dasar dari keduanya sama-sama menggunakan ikan, untuk ikannya biasanya menggunakan ikan Belida. Jadi anda bisa menjadikan kedua jenis kerupuk ini sebagai oleh-oleh dari Kalimantan Barat.

 pengkang99

Masih ada juga nih yang dapat mengenyangkan perut anda sebagai penikmat makanan seafood, jika anda berangkat dari Pontianak ke Singkawang anda dapat singgah ke Rumah Makan Pengkang. Pengkang, kuliner khas dari Kalimantan Barat yang mirip seperti lemper, terbuat dari beras ketan dibentuk segitiga dan dibungkus daun pisang. Didalamnya ada ebi yang membuat aroma makanan ini menjadi lebih “merangsang”. Cara memasaknya cukup unik, dua buah pengkang dijepit menggunakan kayu, kemudian dibakar di atas bara api. Rasa gurihnya membuat kita sulit untuk berhenti membuka lembar demi lembar daun pisang pelapis pengkang ini. hmm sedapnya jika anda bisa menikmati kuliner dari tanah Khatulistiwa itu,, selamat menikmati. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button