CultureDestinationHeadline News

17 Atraksi Budaya Tampil Memukau di Festival Pulau Tomia 2017

17 atraksi budaya tampil memukau di Festival Pulau Tomia 2017,, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 17 atraksi itu diantaranya Tari Lutunani, Tari Sajo Moane, Tari Kolosal, Tari Balumpa, Tari Mborira, ManTa’a (pancak silat daerah), Kafulalu, Kaoda-oda, Hebongko, Kafulalu, Permainan gangsing khas Tomia, Tari Kadandio, Tari Kenta-kenta, Tari Bosu, Tari Lariangi, Tari Sajo dan Tari Saride.

Atraksi  yang ditampilkan tersebut  seakan menghipnotis para tamu undangan yang hadir di festival ini.  Festival Pulau Tomia resmi dibuka oleh Bupati Wakatobi, Arhawi pada  Rabu, 28 Juli 2017 lalu di lapangan Baskara Jaya Kecamatan Tomia. Festival yang digelar untuk kali keduanya ini dihadiri sejumlah pejabat daerah di Wakatobi seperti Ketua DPRD Wakatobi, Muhamad Ali. Tak ketinggalan Putri Pariwisata Indonesia, Lois Merry Tangel. Diketahui selain sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2016, Lois juga dinobatkan sebagai ikon Wakatobi.  Kehadiran Lois di festival juga ikut mempromosikan sejumlah objek wisata yang ada di Wakatobi.

Bupati Wakatobi, Arhawi berharap acara festival ini bisa mendatangkan kunjungan wisatawan lokal hingga mancanegara, termasuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Wakatobi, Muhamad Ali yang mengatakan agar festival budaya agar tidak putus dan  terus terselenggara serta terjaga dari generasi ke generasi.

Usai membuka acara itu, Arhawi bersama para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga meninjau lokasi pembuatan sarung tenun di lokasi festival. Festival Pulau Tomia merupakan salah satu festival yang masuk dalam kalender event di Wakatobi.  Untuk festival lainnya yang akan digelar yakni Kunjungan Kapal Pesiar Celedonian Sky (13 Juli 2017), Kemudian ada Wonderful Sail (10-13 Agustus 2017), Festival Sampea Liya (28-30 Agustus 2017), Semalam di Liya Togo (28 September 2017), Wakatobi Wave (19-22 Oktober 2017) dan diakhiri dengan HUT Wakatobi (18 Desember 2017). (Sumber Sultrakin.com)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button