38 Finalis PPI 2017 Ikut Upacara HUT RI ke-72 Bersama Menpar Arief Yahya

0

38 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 mengikuti Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72  bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya  di Kementerian Pariwisata, Kamis pagi, 17 Agustus 2017.  Para finalis tampak anggun dengan balutan busana  daerah yang diwakilkannya.  Mereka juga terlihat hikmat mengikuti jalannya  upacara dari awal hingga akhir.

Yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan upacara dihadiri seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Pariwisata serta  perwakilan dari mitra kementerian. Yang unik dalam upacara ini, adalah seluruh peserta upacara termasuk Menpar mengenakan  busana daerah.  Untuk busana daerah yang dipakai Menpar adalah busana  dari Palembang.

Upacara yang dimulai pukul 07,30 WIB ini, diawali dengan pengibaran bendera, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan ciipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan pemberian penghargaan kepada pegawai Kementerian Pariwisata yang berprestasi.

Dalam amanatnya Menpar mengungkapkan perasaan  bangga  melihat suluruh peserta upacara mengenakan busana daerah. Menurut Menpar busana daerah yang dikenakan tersebut mencerminkan persatuan.

“Saya bergetar melihat anda-anda seperti ini semua. Inilah kita, kita beragam sekaigus kita bersatu.Itulah hakikat Bhineka Tunggal Ika seperti itu. Saya mengenakan baju adat Palembang tapi saya sangat Indonesia,” ungkap Menpar disambut tepuk tangan dari para peserta upacara.

Menpar mengatakan Presiden Jokowi telah mengapresiasi kinerja Kementerian Pariwisata yang dapat  mendongkrak pertumbuhan wisatawan menjadi 25 persen. Namun Menpar meminta seluruh jajaran Kementerian Pariwisata untuk tidak berpuas diri karena masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan seperti target pariwisata yang ditetapkan Presiden.

Menurut Menpar, Presiden telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector atau sektor unggulan pembangunan nasional yang mampu menjadi jalan baru danlebih cepat, jalan yang mudah dan murah untuk mendulang pundi-pundi devisa negara, membuka lapangan kerja, investasi dan berkontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 13%

“Ini hanya akan bias terwujud jika kita memiliki karakter pemenang, Win Way Character yang Solid, Speed, Smart. Jika itu tercapai,  maka seluruh personil Kementerian Pariwisataakan menjadi pahlawan pengisi kemerdekaan dengan kesejahteraan masyarakat yang lebih merata.Terlebih mampu mensinergikan seluruh unsur Penthaheliks untuk pencapaian target 15 juta kunjungan wisman, 265 juta perjalanan wisnus, 12 juta lapangan kerja dan indeks daya saing pariwisata berada di peringkat 40 dunia pada tahun 2017,” kata Menpar dalam amanatnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *