DestinationLifestyleTourismTravel

5 Panduan Jika Terjadi Teror Saat Berlibur di Luar Negeri

Kudeta yang terjadi di Turki beberapa waktu lalu serta penembakan misterius yang terjadi di Jerman sampai aksi-aksi teror lainnya yang juga terjadi di Perancis, Belgia dan negara lainnya tentu membuat banyak wisatawan khawatir. Sebagai wisatawan pasti tak pernah sedikitpun terlintas ingin terjadi aksi teror di negara yang dikunjungi. Namun jika sewaktu-waktu hal itu terjadi, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :

  1. Selamatkan diri

Kepanikan akan membuat siapapun susah berpikir logis. Namun tetaplah harus tetap fokus dengan keselamatan diri dan keluarga. Jangan terlalu cepat mengikuti arus orang-orang yang berlarian ketika panik. Apabila memungkinkan, bisa juga mencari tempat berlindung yang lebih aman. Hindari dan menjauh dari tempat yang menjadi titik serangan.

  1. Jangan memberontak

Jangan pernah memberontak ataupun memaksa untuk meminta kejelasan. Ikuti saja apa yang terjadi dan menjaga ketenangan. Jika yang terjadi terus menerus menuntut penjelasan tentang apa yang terjadi, bisa saja situasi akan semakin memburuk.

  1. Jangan Panik

Sebisa mungkin berusahalah untuk tidak terlalu panik. Berlindunglah di tempat yang lebih aman dan terus perhatikan sekitar. Misalnya bisa mencari tempat yang lebih aman, seperti di balik tembok. Saat harus berlari, peganglah barang dalam satu tas, masukkan semua barang-barang penting dalam satu tas. Jangan tinggalkan barang-barang penting seperti paspor.

  1. Persediaan makanan

Salah satu hal yang harus dipikirkan adalah persediaan makanan.  Situasi seperti kudeta di Turki beberapa waktu lalu pasti berakibat pada tutupnya restoran atau warung makanan. Bisa justru mempersiapkan diri dengan membeli makanan dan minuman yang dijual di toko atau minimarket terdekat.

  1. Bertahan dan gunakan hanya travel agent terpercaya

Apabila berpergian bersama keluarga dan pasangan, pastikan untuk selalu bersama dan tidak memisahkan diri. Tapi jika pergi seorang diri, pastikan untuk selalu bisa survive. Untuk yang akan berlibur dan menggunakan travel agent, sebelum pergi pastikan dulu telah menggunakan travel agent terpercaya dan mampu membimbing di saat genting sekalipun. Biasanya mereka memiliki akses yang lebih baik untuk mencari tahu informasi yang berkembang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button