5 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

0

Sumber Foto: El John Media

Bangka Belitung menyuguhkan beragam pesona dan tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara datang, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lainnya.

Bila kamu sedang merencanakan liburan di Bangka Belitung, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Pantai Parai Tenggiri

Sumber Foto: El John Media

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai di Bangka Belitung yang memiliki pesona alam yang indah. Kamu akan melihat cantiknya air laut yang bersih berpadu dengan langit biru yang indah.

Pantai Parai Tenggiri berada di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan berjarak 45 kilometer atau 45 menit dari pusat Kota Pangkal Pinang.

Dinamakan Pantai Parai atau Pantai Parai Tenggiri karena dahulu ada banyak nelayan yang mendatangkan ikan tenggiri dari pesisir pantai.

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan, seperti bermain banana boat, parasailing, perahu, jet ski, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berenang dan bermain pasir, hingga mengunjungi jembatan yang menghubungkan Rock Island dengan resor.

Pantai Tanjung Kalian

Sumber Foto: genpi/iklan travel

Selain memiliki keindahan, Pantai Tanjung Kalian menghadirkan pesona menarik bagi wisatawan yang datang, yakni terdapat mercusuar yang berdiri kokoh di tepi pantai. Wisatawan bisa naik ke atas mercusuar dengan biaya sebesar Rp5.000.

Tidak hanya itu, di tempat tersebut juga terdapat bangkai kapal bekas Perang Dunia II, serta tugu peringatan di bagian halaman depan mercusuar.

Pantai Tanjung Kalian mempunyai air laut dan pasir yang bersih, sehingga kamu bisa bermain air atau pasir di pantai tersebut, maupun jalan-jalan santai di pinggir pantai sambil menikmati udara yang sejuk. Pantai ini berlokasi di Kota Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Penyusuk

Sumber Foto: exotic.bangka

Pantai Penyusuk berada di bagian Utara Pulau Bangka, yaitu di Kelurahan Romodong Indah, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Pantai Penyusuk memiliki bebatuan granit yang berada di sepanjang garis pantai. Di tengah pantai, terdapat batu granit besar yang membagi pantai menjadi dua bagian.

Pada bagian utara, berbatasan langsung dengan laut Natuna yang memiliki ombak sangat besar. Bila ingin berenang di laut, kamu bisa pergi ke bagian barat yang ombaknya lebih tenang.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menyebrang ke Pulau Lampu dan Pulau Putri Bangka yang terletak tidak jauh dari Pantai Penyusuk.

Museum Timah

Sumber Foto: djkn.kemenkeu

Untuk mencatat sejarah pertimahan di Bangka Belitung, maka berdiri Museum Teknologi Pertimahan atau dikenal dengan Museum Timah Indonesia yang diresmikan pada 2 Agustus 1997. Museum ini tercatat sebagai satu-satunya di Asia yang terletak di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Museum Timah menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah, termasuk sejarah penambangan di Pulau Bangka Belitung, dimulai sejak Kesultanan Palembang abad 16 M. Museum ini diakui sebagai salah satu Benda Cagar Budaya Kota Pangkalpinang.

Bukit Pinteir

Sumber Foto: bangkatengahkab

Bukit Pinteir terletak di Provinsi Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Dalam bahasa Bangka, Bukit Pinteir diartikan sebagai bukit yang melintir atau melipir, di mana perbukitan ini berada pada posisi melingkar dengan gugusan utamanya perbukitan Mangkol.

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti camping, hiking, olahraga sepeda gunung, hingga kamu bisa menikmati pemandangan dari atas bukit seraya berswafoto.

Program ini didukung oleh Yayasan El John Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *