DestinationHeadline NewsTourismTransportation

Akibat Abu Vulkanik, Bandara Lombok Kembali Ditutup Hingga Jumat

Setelah  beroperasi seharian penuh pada Rabu, 29 November 2017, Bandara Internasional Lombok di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali ditutup. Penutupan dimulai Kamis, 30 November 2017, pukul 10.37 WITA hingga pukul 24.00 atau Jumat, 1 Desember 2017, pukul 06.00 WITA.

Sebelum ditutup, pada Kamis pagi, Bandara Lombok sempat  melayani sejumlah penerbangan. Penerbangan yang sempat dilayani Bandara Lombok adalah penerbangan milik Maskapai Lion Air dan Batik.  Sementara itu maskapai lain seperti Garuda Indonesia dan Citilink, memilih untuk membatalkan penerbangan. Mendekati Pukul 10.37 WITA Bandara resmi ditutup  sementara untuk semua penerbangan.

Keputusan penutupan  ini berdasarkan Notam B9033/17 dampak erupsi Gunung Agung . Sejak penerbitan NOTAM penutupan Bandara Lombok, setidaknya delapan penerbangan dari Denpasar menuju Lombok dibatalkan dan 6 penerbangan dari Lombok ke Denpasar, dibatalkan

Penutupan Bandara Lombok dilakukan setelah dilaksanakannya rapat kordinasi dengan Otoritas Bandara Wilayah IV, Airlines, Ground Handling, Airnav Indonesia serta BMKG hari ini Kamis tanggal 30 November 2017, mengacu data VAAC; plotting ASHTAM 30 November 2017 pukul.08.00 WIB yang menunjukan Sebaran VA Gunung Agung mengarah ke arah selatan dan tenggara, kecepatan 10 knots dengan ketinggian dari permukaan s.d FL210.

“ Berdasarkan koordinasi dengan BMKG dan PVMBG, serta pengamatan Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC), debu vulkanis Gunung Agung kembali mengganggu jalur penerbangan di ruang udara sekitar Lombok,” kata Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono, melalui keterangan resmi, Kamis, 30 November 2017.

“Alasannya cuma satu, penutupan ini demi keselamatan penerbangan,” ujar Wisnu.

Sementara itu, PT Angkasa Pura  I telah menyiapkan Bandara Internasional Juanda Surabaya & Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang saat ini sudah beroperasi sebagai Bandara Alternate untuk pengalihan penerbangan menuju Lombok.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button