TourismTransportation

Akomodasi Danau Toba

toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu di Danau Toba masih ada Pulau Samosir adalah pulau yang unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba.

Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah. Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Di sekitar Danau Toba juga akan Anda dapati tempat pemandian air belarang. Ada sedikit nih informasi akomodasi bagi anda yang mau ke danau Toba.

Medan merupakan pintu gerbang internasional. Banyak penerbangan tersedia setiap hari antara Medan dan semua kota besar di Indonesia serta penerbangan internasional dari Medan ke Malaysia, Singapura dan Thailand. Bandara utama Medan adalah Kualanamu Airport. Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute dari kota besar di Indonesia menuju Medan, di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, AirAsia, Sriwijaya Air, dan Merpati. Harga tiket pesawat bervariasi.

Lama perjalanan dari Jakarta ke Medan ditempuh selama 1,5 jam hingga 2 jam. Dari bandara, perjalanan menuju Danau Toba dilanjutkan dengan kereta,bus atau taksi ke Terminal Bus Pinang Baris Medan. Ada beberapa pilihan transportasi darat menuju Danau Toba, salah satunya menggunakan transportasi umum. Dari Terminal Bus Pinang Baris, terminal terbesar di Medan, Anda bisa berangkat dengan bus (harga tiket Rp40.000–Rp 50.000) memakai bus jurusan ke Parapat (berjarak 176 km dari Medan dan ditempuh selama 6 jam perjalanan dengan bus). Agar lebih nyaman dan cepat, Anda juga bisa menggunakan mobil travel, meskipun harga tiketnya lebih mahal yaitu Rp70.000–80.000. Alternatif lainnya adalah menyewa mobil seperti Toyota Kijang dan APV dengan tarif Rp600.000–700.000 per hari.

Bepergian menggunakan mobil sewaan dianjurkan bagi rombongan. Akan tetapi, jika bepergian sendiri atau secara backpacker maka Anda sebaiknya menggunakan transportasi umum.Menuju Balige dari Jakarta ada Pesawat Lion Air ke Bandara Silangit di Balige. Pesawat transit dahulu di Batam namun rute ini menghemat waktu ke Balige. Pilihan lain dari Batam bisa ke Balige di Bandara Silangit dengan Susi Air. Lama perjalanan dari Batam ke Balige adalah 1 jam.Parapat berjarak 176 km dari Medan dan dapat dijangkau kurang dari 6 jam dengan bus. Ada dua rute bus yaitu Medan-Parapat atau melalui Medan-Berastagi, ongkosnya sekira Rp40.000,- dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Pemesanan tiket bus menuju danau Toba dilayani oleh banyak agen travel di bandara Polonia. Anda dapat menaiki taksi ber-AC dari Medan ke Parapat sekira Rp75.000,- satu kali jalan.

Perjalanan memakan waktu 4 jam. Agen perjalanan wisata di Medan dapat pula menyediakan mobil sewaan dengan sopir. Bus menuju Parapat juga bisa Anda dapatkan dengan mudah di bandara di Medan. Agar mudah pmencari bus menuju Parapat – Toba, Anda sebaiknya tiba di Medan pagi hari. Bus ini akan membawa Anda langsung menuju kawasan Toba. Saat tiba di Parapat, Anda dapat menaiki kapal feri ke Pulau Samosir. Kapal ferri beroperasi setiap satu jam setengah dari pukul 9 pagi sampai 5 sore.Selain melewati Parapat, ada jalur lain menuju Danau Toba dari Medan, yaitu melalui Berastagi. Ongkosnya sekira Rp40.000,- Menuju Pulau Samosir bisa dilakukan pagi hari dengan membeli tiket feri seharga Rp10.000,- per orang. Sambil menunggu keberangkatan kapal, Anda bisa memburu foto di sekitar Danau Toba.

Ada dua tipe feri yang melayani rute ke Pulau Samosir, yaitu feri yang mengangkut penumpang saja dan feri yang mengangkut kendaraan roda empat. APabila menggunakan mobil maka dapat menumpang feri jenis kedua yang mengangkut kendaraan beroda empat. Selama menyeberang akan disuguhi pemandangan alam danau yang indah, langit biru, dan udara yang sejuk. Cuaca Danau Toba bahkan bisa menghipnotis pengunjung sehingga betah berlama-lama di sini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button