AccommodationMarine TourismTourismTransportation

ASDP Akan Segera Membangun Kawasan Komersial di Labuan Bajo

Untuk mendorong percepatan destinasi prioritas sehingga percepatan fasilitas dan infrastruktur harus diperhatikan. Kali ini PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan membangun proyek perdana strategis yaitu pembangunan kawasan komersial di Labuan Bajo. Nantinya akan adanay pelabuhan marina, hotel, peningkatan fasilitas dermaga penyebrangan dan area komersial, investasi keseluruhannya adalah RP 400 Miliar. Proyek ini groundbreakingnya adlaah pada April 2017 dan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2018.

Dirut ASDP Indonesia Ferry yaitu Faik Fahmi menjelaskan bahwa pembangunan dan pengembangan kawasan komersial di Labuan Bajo sudah sejalan dengan roadmap yang sudah disusun yaitu RE-ASDP. Dengan proyek pembangunan tersebut nantinya akan menjadi proyek gabungan dimana sinergi dari perusahaan BUMN seperti ASDP Indonesia Ferry, PT Pembangunan Perumahan Tbk dan PT Patra Jasa.

Nantinya pengelolaan kawasan komersiala akan  dikelola ketiga perusahaan tersebut dimana ASDP menjadi pemegang sayam mayoritas sebesar 51% dikarenakan lahan yang dipakai merupakan lahan dari ASDP. Sisanya 25% PT Patra Jasa dan 24% untuk PT Pembangunan Perumahan.

“Tahun ini merupakan waktu percepatan sisi komersial. Kami berharap, ASDP bisa lebih besar berperan buat negara, membangun konektivitas tanpa bergantung kepada pemerintah, serta dapat lebih memajukan pariwisata nasional dengan standar dunia. Karenanya, kami ingin mengembangkan Labuan Bajo,” kata Faik.

Menteri BUMN Rini M Soemarno angkat bicara terkait pengembangan wilayah Labuan Bajo menjadi prioritas saat ini, hal ini sudah sesuai dengan impian bersama untuk mendorong Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata Bali kedua yang menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Ini satu langkah besar untuk merealisasikan mimpi kita bersama, dan posisi BUMN harus terus mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Kita harus mendukung peran pemda setempat. Proyek ini akan menjadi milestone dalam mendorong pariwisata di Labuan Bajo,” jelas Rini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button