Sports

Babak 16 Besar EURO 2016, Wales vs Irlandia Utara (1-0)

Wales mencetak sejarah fantastis dengan melangkah ke babak 8 besar EURO 2016 setelah menyingkirkan Irlandia Utara di babak 16 besar yang dihelat di Parc des Princes, Sabtu (25/06).

Yang menjadi bintang kemenangan The Dragons –julukan Wales– adalah Gareth Bale. Memang, Bale tidak mencetak gol dalam laga tersebut. Akan tetapi, bintang yang membela klub Spanyol, Real Madrid tersebut adalah pemain yang mengirim umpan ke kotak penalti Irlandia Utara sehingga McAuley melakukan gol bunuh diri.

Selain itu, Bale memiliki catatan impresif sepanjang laga melawan Irlandia Utara dengan tujuh kali umpan silang, dan dua percobaan ke gawang termasuk tendangan bebas di babak pertama. Dia juga melakukan dua dribble yang membahayakan lini belakang tim lawan.

Sebagai perhargaan atas kerja kerasnya

Kemenangan tipis ini membuat Wales memastikan tempat di perempat final dan menanti pemenang duel Hungaria vs Belgia, Minggu (26/6).

Jalannya Pertandingan

Wales berhasil menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Gareth McAuley. Kedua tim bermain dengan hati-hati sejak menit awal. Meskipun begitu, Wales tak membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan dominasinya di lapangan.

Meski tampil mendominasi, Wales tetap saja terlihat cukup kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan dan menciptakan peluang matang. Sebaliknya, Irlandia Utara sempat melakukan serangan balik tapi tembakan keras Stuart Dallas pada menit ke-11 masih bisa digagalkan penjaga gawang Wayne Hennessey.

Aaron Ramsey sempat menjebol gawang Irlandia pada menit 19 setelah menerima umpan dari Neil Taylor. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena Ramsey sudah berada dalam posisi offside.

Irlandia Utara yang tampil tertekan praktis hanya bisa mengandalkan serangan balik. Namun, taktik tersebut belum bisa membuahkan hasil karena pemain belakang Wales juga bermain disiplin. Kedua tim sama-sama kesulitan mencetak gol pada babak pertama dan harus puas memasuki ruang istirahat dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Wales masih tetap menunjukkan dominasinya. Peluang emas didapatkan Wales pada menit ke-58 dari tendangan bebas, tapi eksekusi yang dilakukan oleh Gareth Bale masih bisa ditepis Michael McGoverns.

Serangan Wales kian lama kian gencar. Mereka melakukan inisiatif serangan melalui kedua pemain sayap mereka tapi belum sayangnya belum mampu mengubah kedudukan.

Gawang tim asuhan Michael O’Neill akhirnya bobol di menit 75. Pemain bertahan Irlandia Utara, Gareth McAuley melakukan gol bunuh diri. Tadinya McAuley bermaksud menghalau umpan silang Bale dari sisi kiri. Tapi apa daya, aksinya malah membuat bola meluncur deras masuk ke gawang sendiri.

Tak ada gol tambahan lagi yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga. Kemenangan 1-0 sudah cukup untuk membawa Wales ke babak perempat final.

Wales (3-5-2): Hennessey; Chester, Ashley Williams, Davies; Gunter, Allen, Ledley (Williams 63′), Ramsey, Taylor; Vokes (Robson-Kanu 55′), Bale.
Pelatih : Chris Coleman

Irlandia Utara (4-5-1): McGovern; Hughes, McAuley (Magennis 84′), Cathcart, Jonny Evans; Ward (Washington 69′), Davis, Norwood (McGinn 79′), Corry Evans, Dallas; Lafferty.
Pelatih : Michael O’Neill

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button