Sports

Babak 16 Besar EURO 2016, Swiss vs Polandia (1-1) Adu Penalti (4-5)

Swiss menghadapi Polandia di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Perancis dalam lanjutan partai 16 besar Euro 2016, Sabtu (25/6). Skor imbang 1-1 tercipta sepanjang waktu normal dan extra time. Polandia akhirnya memastikan diri menang lewat drama adu penalti 5-4 dan maju ke 8 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Polandia unggul terlebih dahulu melalui gol Jakub Blaszczykowski di menit ke-39. Swiss menyamakan kedudukan lewat gol spektakuler Xherdan Shaqiri dengan tendangan salto akrobatiknya pada menit ke-82. Di babak adu penalti, pemain baru klub Inggris, Arsenal Granit Xhaka jadi satu-satunya algojo yang gagal dan membuat Swiss tersingkir dari kejuaraan.

Polandia mengeliminasi Swiss dan akan menghadapi salah satu dari Kroasia atau Portugal di perempat final.

Swiss turun di babak ini dengan status runner-up grup A, grupnya Prancis. Sementara itu Polandia adalah runner-up di grupnya Jerman. Kekuatan mereka bisa dibilang seimbang, tapi Robert Lewandowski dan kawan-kawan mungkin sedikit lebih diunggulkan.

Polandia menaruh harapan besar pada tiga orang. Pertama adalah kapten Robert Lewandowski, striker Bayern Munchen yang belum mencetak satu gol pun sejauh ini. Kedua adalah Arkadiusz Milik, striker muda Ajax yang mencetak gol tunggal ke gawang Irlandia Utara.

Ketiga adalah Jakub Blaszczykowski, pemain sayap Fiorentina yang sudah mengemas 17 gol untuk negaranya. Gol Blaszczykowski ibarat gol bertuah bagi Polandia, karena sebelum ini Polandia tak pernah kalah setiap kali dia mengoyak gawang lawan.

Jalannya Pertandingan

Bermain dominan di awal laga, Polandia pun membuka skor di menit 39. Adalah Blaszczykowski yang mengoyak gawang Yann Sommer dengan tembakan mendatar meneruskan akselerasi dan crossing Kamil Grosicki dari sisi kiri.

Skor 1-0 bertahan hingga jeda. Melihat tren yang ada (belum pernah kalah setiap Blaszczykowski mencetak gol), ini bisa jadi pertanda bagus bagi Polandia.

Di babak kedua, dengan pemain-pemain handal seperti kapten Stephan Lichtsteiner serta Granit Xhaka, Valon Behrami, Shaqiri hingga striker Haris Seferovic, Swiss mencoba mengambil inisiatif serangan. Tujuannya jelas, secepat mungkin mencetak gol balasan.

Serangan Swiss kian lama kian gencar dan mereka mengancam lewat tembakan keras Shaqiri serta tendangan bebas Ricardo Rodriguez. Namun, itu belum cukup untuk menaklukkan Lukasz Fabianski di bawah mistar. Upaya Seferovic di menit 79 pun cuma menerpa tiang atas.

Perjuangan tak kenal lelah Swiss membuahkan hasil di menit 82. Dengan tendangan salto kaki kiri dari ujung kotak penalti, Shaqiri akhirnya membawa Swiss menyamakan kedudukan. Itu adalah gol pertama yang bersarang di gawang Polandia di Euro 2016. Gol itu bertahan hingga akhir waktu normal dan laga pun berlanjut ke extra time.

Kedua kiper berjibaku mengamankan gawang mereka dari kebobolan. Tak ada gol tambahan, maka pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Swiss mendapat giliran pertama. Lichtsteiner gol. Lewandowski 1-1. Xhaka menendang keras dan meleset. Milik lalu membawa Polandia unggul 2-1. Shaqiri gol dan skor kembali imbang. Kamil Glik gol. Schar juga gol. Blaszczykowski gol dan memberi Swiss tekanan besar, tapi Rodriguez sukses memperpanjang napas timnya. Grzegorz Krychowiak, algojo kelima Polandia, menuntaskan tugasnya dan membawa Polandia menang adu penalti 5-4 untuk maju ke perempat final.

Shaqiri dinobatkan sebagai Man on the Match. Namun, dengan kegagalan negaranya, penghargaan itu pasti terasa hambar.

Swiss (4-2-3-1): Sommer; R Rodriguez, Djourou (kuning 117), Schar (kuning 55), Lichtsteiner; Xhaka, Behrami (Fernandes 77); Mehmedi (Derdiyok 70), Dzemaili (Embolo 58), Shaqiri; Seferovic.
Pelatih: Vladimir Petkovic.

Polandia (4-4-2): Fabianski; Jedrzejczyk (kuning 58), Pazdan (kuning 111), Glik, Piszczek; Grosicki (Peszko 104), Maczynski (Jodlowiec 101), Krychowiak, Blaszczykowski; Lewandowski, Milik.
Pelatih: Adam Nawalka.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button