BusinessDestinationEconomicInvestmentTourism

Bandara Cikembar Akan Didorong Jadi Proyek Strategis Nasional

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menyebutkan proyek pembangunan Bandar Udara Cikembar di Kabupaten Sukabumi akan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kita ada langkah itu, mendorong supaya bisa masuk ke PSN, dan Pak Gubernur akan segera untuk membalas surat Menteri Perhubungan,” kata Iwa.

Bandara Cikembar akan dibangun di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berdekatan pula dengan Kota Sukabumi. Hadirnya bandara tersebut diyakini mampu menyokong pembangunan dan perekonomian di kawasan tersebut.

Terlebih Sukabumi selatan memiliki banyak wilayah potensi wisata seperti Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang sudah ditetapkan Unesco menjadi warisan dunia.

Namun demikian, lanjut Iwa, kalaupun proyek Bandara Cikembar tidak masuk dalam PSN pihaknya tetap akan melakukan percepatan pembangunannya.

“Tetapi yang penting semangatnya kita tetap akan lakukan percepatan dengan tetap bertumpu pada aturan yang ada,” ujarnya.

Saat ini proses pembangunan bandara masih sedang dalam tahap pembebasan lahan. Jika tahap tersebut sudah terselesaikan, rencananya, bandara dengan panjang runway 1.800 m akan mulai dibangun tahun 2019 mendatang sesuai target dari Kementerian Perhubungan.

Anggaran untuk biaya pembangunannya bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp400 Milyar, dengan target awal selesai pada tahun 2021 atau 2022.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close