AccommodationDestinationHeadline NewsTourismTransportation

Bandara Ngurah Rai Dinobatkan Sebagai Bandara Terbaik ke-Tiga Dunia

Prestasi membanggakan kembali dicetak Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Dewan Bandara Internasional (Airport Council International/ACI) menobatkan Bandara Ngurah Rai sebagai bandara terbaik ketiga di dunia  dalam Airport Service Quality (ASQ) Awards 2016, untuk kategori bandara dengan penumpang 15 sampai 25 juta per tahun. Meraih  posisi ketiga, Bandara Ngurah Rai berhasil  mengantongi nilai pelayanan 4,93 dalam skala 5.

Dalam laman ACI yang dilihat Redaksi EL JOHN News, pengumuman ini merupakan hasil suvey ACI terhadap bandara yang tersebar di 84 negara dengan menggunakan 42 bahasa. Ada sekitar 600.000 survei individual yang mengukur pandangan penumpang terhadap 34 indikator kinerja utama, termasuk akses bandara, check-in, skrining keamanan, toilet, toko dan restoran

Setiap bandara menggunakan survei yang sama persis, membuat database industri yang memungkinkan bandara membandingkan dengan bandara lain di seluruh dunia

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi menyampaikan terima kasih kepada ACI atas penghargaan ini.  Menurut yanus penghargaan tersebut dapat dijadikan cambuk agar Bandara Ngurai Rai terus meningkatkan kinerjanya dan pelayanannya kepada publik khususnya penumpang.

Yanus menjelaskan penilaian pelayanan bandara dilakukan berdasarkan survei penumpang sehingga mencerminkan perspektif dan harapan penumpang.

Ia mengatakan layanan bandara saat ini telah berkembang. Bandara tak hanya tempat pemberangkatan dan kedatangan pesawat dan penumpang, namun juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan penumpang.

“Pengelola bandara harus berorientasi pada kualitas layanan dan itu yang akan terus kami lakukan,” kata dia., seperti yang dikutip Antara.
Selain fasilitas pokok penerbangan, bandara-bandara di negara maju di dunia termasuk di Bali kini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti area perbelanjaan yang eksklusif, hotel atau penginapan, kawasan logistik dan bisnis serta fasilitas hiburan.

Terkait pertumbuhan penumpang, lanjut Yanus, hingga akhir Oktober 2017 mencapai 18,1 juta orang atau naik hampir 10 persen yang mendorong Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara l Gusti Ngurah Rai untuk terus mengembangkan fasilitas dan layanannya.

Jumlah penumpang itu, kata dia, didominasi oleh penumpang internasional dengan kebutuhan penumpang yang juga makin beragam.

“Untuk itu secara bertahap kami ingin menghadirkan konsep airport city sehingga semua kebutuhan penumpang dapat dipenuhi di dalam bandara,” ucapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button