Business

Batu akik yang menguntungkan

batuakik089660290158

Saat sekarang ini masyarakat Indonesia sedang dilanda demam batu Akik. Batu yang merupakan barang galian yang bersifat non logam ini sangat banyak dicar orang bahkan ada juga yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak hanya untuk mendapatkan batu yang diinginkan. Siapa menyangka batu yang dulunya banyak dipakai orang tua ini sekaranga malah diminati anak muda. Timbulnya fenomena ini sebenarnya malah menguntungkan orang-orang yang telah melakukan bisnis batu akik. Dapat dilihat pada beberapa tempat banyak sekali orang yang menyediakan baik dari menjual cincin yang sudah jadi sampai menerima jasa pengikatan batu ke cincin. Mungkin kita melihat disekitar banayak yang sudah menggunakan cincin tersebut karena cantikanya warna dan keindahan bentuk batunya itulah yang dapat memikat hati siapapun untuk membelinya.

Perlu anda ketahui anda ketahui ada bebrapa jenis batu yang sebenarnya umum kita temukan seperti permata, berlian, zanrud dan rubi. Kita sering mendengarkan perhiasan yang identik denggan wanita ini dengan harga yang mahal. Nah jangan salah batu akik juga masih ada hubungan dengan perhiasan diatas loh, kan sama-sama hasil galian yang berupa non-logam. Sekarang ini ada salah satu batu yang menarik minat semua orang, yaitu batu bacan. Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

Nah yang tadi hanya sedikit penjelasan betapa makin maraknya dan terkenalnya jenis-jenis batu akik tersebut. Sudah banyak yang memekaiannya baik dari tingkat petinggi pemerintahan sampai rakyat menengah kebawah. Hal ini sungguh menjadikan prospek bisnis batu akik sangat menjanjikan, toh banyak orang yang mencari jenis batu ini. Berbagai kala­ngan melihat secara umum, booming batu akik akhir-akhir ini meningkatkan kese­jah­teraan ekonomi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu terlihat jelas dengan menjamurnya para penambang, pengrajin, penjual pengikat cincin dan sebagainya di setiap tempat di provinsi ini.

Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumbar, Attila Majidi Datuak Sibungsu menga­takan, booming batu akik terbukti mampu menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan masya­ra­kat, terutama mereka yang bersen­tuhan langsung dengan usaha terse­but atau yang biasa disebut pemain batu seperti penambang, pengrajin, penjual dan kolektor batu akik. Menurutnya, prospek usaha jual beli batu akik semakin bagus ke depannya. Alasannya, selain karena batu akik adalah aksesoris yang setiap saat dipakai dan dicari sejak ratusan tahun yang lalu, juga karena semakin banyak ditemukan ratusan potensi batuan baru di Indonesia yang depositnya tidak akan habis hingga 15 tahun ke depan.

Jadi bagaimana sekarang ingin mencoba bisnis yang gandrungi olah banyak orang ini, anda dpat memulainya dengan kerja sama dengan orang yang sudah memiliki batu atau dapat juga kita membeli beberapa batu saja terlebih dahulu. Nah untuk pemsarannya dapat anda lakukan dengan orang terdekat terlebih dahulu, nah kalau tidak pun anda bisa membuka lapak kecil di rumah anda. Tidak susah kan, selamat mencoba ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button