Technology

BBM Jalin Kerjasama dengan Webtoon Korea & Penerbit Webnovel, Neobazar

Creative Media Works, yang beroperasi sebagai BBM, hari ini meluncurkan WebComics untuk penggemar BBM di Indonesia. Peluncuran itu dilakukan melalui kerjasama dengan penerbit webtoon dan webnovel asal Korea, Neobazar. Layanan gratis ini akan menyajikan beragam pilihan judul webtoon, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Penggemar komik akan mendapatkan beragam pilihan WebComics di menu Discover, yang terdapat di aplikasi pesan BBM. Melalui menu Discover, pengguna dapat menjelajahi berbagai pilihan judul dari beragam kategori –mulai dari kisah cinta, fantasi, rekaan ilmiah, misteri, komedi, drama, olahraga dan laga– yang akan secara rutin diperbarui dengan rangkaian cerita baru.

Saat peluncuran perdana, akan tersedia lebih dari 200 judul yang meliputi 135 webtoon dan 65 webnovel. Beberapa judul ternama, seperti: Dokgo (Outsider), Great Wife, dan 37.2 Degrees pun sudah tersedia di WebComics untuk BBM.

Ilustrator yang diakui secara internasional, seperti Baek Seung-Hoon, yang karyanya telah dibuat film, serta Is Yuniarto, pemenang sejumlah lomba komik, pencipta ‘The Grand Legend Ramayana’ yang edisi cetaknya juga diterbitkan di Jepang, juga menampilkan karya-karya mereka.

BBM adalah salah satu aplikasi pesan terbesar di dunia. Sejak diciptakan pada Agustus 2005, BBM berkembang pesat, dari hanya sekadar aplikasi untuk berkomunikasi (teks dan video) menjadi ekosistem sosial, yang menyatukan chat, sosial, serta layanan, termasuk jasa pembayaran tagihan, pengisian ulang pulsa, voucher dan kupon, berita, game, video, belanja, perjalanan, karir dan jajak pendapat.

WebComics atau “manhwa” adalah bacaan bergambar berseri, seperti komik dalam buku dan koran, namun WebComics diterbitkan secara online dan berkala. WebComics berasal dari Korea Selatan dan menjadi semakin terkenal di kawasan Asia-Pasifik. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan masyarakat, yang keranjingan menggunakan Internet dan smartphone.

“Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di aplikasi pesan ketimbang hal lain di perangkat mobile mereka,” kata Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan BBM secara global,

“Kami berupaya menyediakan lebih banyak ‘fitur’ untuk pengguna BBM, terutama pengguna paling aktif dan paling besar di Indonesia, tempat mereka menghabiskan waktu. WebComics akan menjadi tambahan hebat dan menyediakan banyak sekali bacaan, yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna kami,” tambahnya.

“Kami sangat senang dapat menambahkan ‘webcomics’ dan ‘webnovel’ sebagai konten baru bagi pengguna BBM di Indonesia, di mana konsumsi konten digital kian meningkat. Pengguna BBM dapat dengan mudah menikmati konten kami dengan sekali sentuh di menu Discover tanpa harus memasang aplikasi baru,” kata Jinil Seong, CEO NeoBazar,

“Selain itu, kami ingin menjalin kerjasama dengan lebih banyak penulis, penerbit serta pembuat konten Indonesia untuk memperkaya konten setempat,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button